Kumpulan Artikel: Tobat

  • Hadis tentang Istigfar dan Tobat Menjadi Kunci-Kunci Rezeki
    Tausyiah
    Senin, 25 Maret 2024 - 11:33 WIB
    Beliau mengabarkan tentang tiga hasil yang dapat dipetik oleh orang yang memperbanyak istigfar. Salah satunya yaitu, bahwa Allah Yang Maha Memberi rezeki,
  • Surat Hud Ayat 11: Istigfar dan Tobat Kunci Rezeki
    Tausyiah
    Senin, 25 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Pada ayat tersebut, terdapat janji-janji dari Allah Yang Mahakuasa dan Maha Menentukan berupa kenikmatan yang baik kepada orang yang ber-istighfar dan bertobat.
  • Surat Hud Ayat 52: Dalil Istigfar dan Tobat Salah Satu Kunci Rezeki
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Maret 2024 - 13:44 WIB
    Beristigfar yang dengannya dosa-dosa yang lalu dapat dihapuskan. Barangsiapa memiliki sifat seperti ini, niscaya Allah akan memudahkan rizkinya, melancarkan urusannya dan menjaga keadaannya.
  • Istigfar dan Tobat Kunci Rezeki, Berikut Ini Dalilnya
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Maret 2024 - 13:14 WIB
    Al-Quran dan Hadis telah menunjukkan bahwa istigfar dan tobat termasuk sebab-sebab rezeki dengan karunia Allah Taala. Salah satu nash adalah apa yang disebutkan Allah Taala tentang Nuh as.
  • Tobat Hanya di Mulut Saja: Perbuatan Orang-Orang Dusta
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Dr Fadhl Ilahi mengatakan sebagian besar orang menyangka bahwa istighfar dan tobat hanyalah cukup dengan lisan semata. Sesungguhnya istigfar dan tobat yang hanya di mulut adalah perbuatan orang-orang dusta.
  • Mengejar Ampunan Allah di Bulan Ramadan dengan Bertobat
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Salah satu amalan yang dapat kita tingkatkan kuantitasnya di fase kedua bulan Ramadan ini ialah memperbanyak doa dan mengejar ampunan Allah, melebihi hari-hari sebelumnya.
  • Perbedaan Istighfar dengan Tobat serta Cara Menerapkan Amalannya
    Hikmah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 15:52 WIB
    Ada perbedaan mendasar antara istighfar dengan tobat, selain dari pengertian juga perbedaan penerapan amalannya. Apa saja perbedaannya?
  • Taubat Itu Seperti Berobat, Begini Kata Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 14:29 WIB
    Selembut apapun nasihat ia tetap akan terasa menusuk bagi yang hatinya sakit. Tak ubahnya seperti jarum suntik, yang kelembutan tehniknya tidak akan menghilangkan rasa sakitnya.
  • Benarkah Pernyataan Tobat harus Diumumkan?
    Hikmah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 12:49 WIB
    Sebagai seorang hamba yang banyak memiliki dosa dan kesalahan, kita harus bertobat dan memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa taala. Namun, apakah tobat atau pernyataan tobat ini harus diumumkan atau hanya untuk diri sendiri?
  • Bagaimana Hukum Mandi Taubat, Niat dan Tata Caranya?
    Tips
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 12:43 WIB
    Ketika bertaubat dari perbuatan dosa besar, benarkah diharuskan melakukan mandi taubat dulu? Bagaimana hukum, niat dan tata caranya?
  • 4 Jenis Tobat yang Tidak Diterima Allah SWT
    Tausyiah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 10:25 WIB
    Tobat atau bertobat adalah penyesalan atau tindakan dengan menyesali sungguh-sungguh agar mendapatkan ampunan dari Allah subhanahu wa taala. Tobat juga menjadi salah satu media terbaik untuk menyadarkan diri agar segera kembali ke jalanNya.
  • Keutamaan Mengingat Dosa-dosa Bagi Seorang Muslim
    Hikmah
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 15:44 WIB
    Setiap orang pasti memiliki dan pernah berbuat dosa . Mungkinkah dari kita ada yang merasa tidak memiliki dosa? Atau merasa dosa kita hanya sedikit?
  • Masih Suka Ghibah? Selain Dosa, Bahayanya sangat Mengerikan
    Muslimah
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 11:15 WIB
    Masih banyak kaum wanita yang menyepelekan dosa ghibah. Dan tahukah Anda, bahwa selain dosa, ada dampak atau bahaya besar dari perbuatan tercela tersebut?
  • Kiat dan Tata Cara Bertobat agar Istikamah
    Tips
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 10:39 WIB
    Salah satu ciri hamba yang beriman adalah selalu kembali dan bertobat kepada Allah Subhanahu wa taala dari segala dosa walaupun kesalahan tersebut terus terulang.
  • Dahsyatnya Doa Tobat Nabi Adam, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 28 September 2023 - 14:00 WIB
    Dalam Al-Quran banyak sekali doa-doa yang dipanjatkan para nabi yang bisa diamalkan, salah satunya doa tobat yang dimohonkan Nabi Adam Alaihissalam.
  • Doa Tobat Nabi Musa setelah Menyadari Kesalahannya
    Tips
    Kamis, 28 September 2023 - 11:15 WIB
    Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dengan melakukan pembunuhan terhadap orang yang tidak boleh dibunuh. Maka ampunilah dosaku dan janganlah Engkau siksa aku karena perbuatan yang tidak kusengaja itu.
  • Doa Tobat Nabi Adam di Dalam Al-Quran
    Tips
    Kamis, 21 September 2023 - 16:41 WIB
    Di dalam Al-Quran, banyak rekomendasi doa-doa yang pernah dipanjatkan oleh para nabi dan sangat patut Anda teladani. Salah satunya adalah doa Nabi Adam as dan istrinya.
  • Tata Cara Salat Tobat 2 Rakaat Berikut Keutamaannya
    Tips
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Tata cara salat tobat 2 rakaat penting diketahui dan dipahami kaum muslim, karena salat sunah ini merupakan salah satu salat yang dianjurkan untuk memohon ampunan Allah atas dosa-dosa.
  • Peristiwa Muharam: Firaun Mati Tenggelam di Laut Merah, Ingin Tobat tapi Gagal
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 16:03 WIB
    Raja sombong ini pada detik-detik kematiannya, hendak bertobat karena menyadari kebenaran Nabi Musa. Tobat ini gagal karena Malaikat Jibril menyumpal mulut Firaun dengan lumpur laut.
  • Peristiwa Muharam: Kisah Tobat Nabi Daud Diterima Allah setelah Bersujud 40 Hari
    Hikmah
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 09:17 WIB
    Diriwayatkan tobat Nabi Daud ini terkait kesalahannya mencintai istri seorang petani. Allah menerima tobat Nabi Daud pada bulan Muharram, tepatnya 10 Muharram.