RMI NU: Hormati Bulan Ramadan

Jum'at, 12 Juni 2015 - 16:30 WIB
RMI NU: Hormati Bulan Ramadan
RMI NU: Hormati Bulan Ramadan
A A A
MALANG - Pernyataan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin yang membolehkan warung makan buka siang hari selama Ramadan didukung oleh Wakil Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdhatul Ulama (RMI NU) KH Fahrurrozi.

Namun, idealnya pernyataan Menteri Agama itu bahasanya dibalik. "Hormati yang puasa, jangan dibalik menjadi hormati yang tidak puasa," katanya, Jumat (12/6/2015).

Prinsipnya, Pengasuh PP An Nur II Bululawang ini setuju dengan kebijakan Menteri Agama tersebut. Hanya, bagi yang tidak puasa dan warung yang buka di Bulan Ramadan harus berlaku sopan dan tidak vulgar. "Hormatilah Bulan Ramadan, jangan merokok, makan dan minum di jalan," katanya.

Dia mencontohkan, pada saat perayaan Hari Raya Nyepi misalnya, orang-orang muslim yang menghormati Nyepi dengan tidak membuat acara festival sholawatan. "Kita yang menghormati orang Bali," ujarnya.

Karenanya, mereka yang tidak puasa seharusnya menghormati bulan Ramadan dengan membuka warungnya secara sopan dan tidak vulgar. Misalnya dengan menutup kelambu atau tidak makan, minum, dan merokok di jalanan.

"Memang tidak boleh dipaksa untuk tutup, tapi mereka yang harus menghormati bulan Ramadan dan orang yang berpuasa," pungkasnya.

Seperti diketahu sebelumnya, Menter Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menyatakan tidak melarang warung yang buka pada siang hari. Alasannya, untuk melayani kebutuhan makan bagi warga lain yang tidak berpuasa.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2954 seconds (0.1#10.140)