Awas! Makanan dan Minuman Kedaluwarsa Beredar Jelang Ramadan

Jum'at, 12 Juni 2015 - 19:59 WIB
Awas! Makanan dan Minuman Kedaluwarsa Beredar Jelang Ramadan
Awas! Makanan dan Minuman Kedaluwarsa Beredar Jelang Ramadan
A A A
BANGKALAN - Jelang Ramadan, sejumlah makanan dan minuman (mamin) yang dijual kepada masyarakat di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur ditemukan sudah kedaluwarsa. Kondisi ini tentu sangat merugikan masyarakat.

Hal tersebut diketahui ketika tim gabungan melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap delapan toko yang menjual mamin, Jumat (12/6/2015). Adapun mamin yang ditemukan sudah kedaluwarsa dan masih dijual di antaranya meliputi sosis, kecap, susu, dan es krim.

Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan Polisi melakukan sidak di delapan swalayan yang menjual mamin.

Petugas memeriksa satu per satu mamin yang dijual di swalayan. Hasilnya, menemukan sejumlah mamin yang sudah kedaluwarsa.

"Tim gabungan banyak menemukan mamin yang sudah kedaluwarsa, tetapi masih dijual oleh pemilik toko atau swalayan," terang Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Bangkalan Gufron, Jumat (12/6/2015).

Menurut Gufron, swalayan yang didapati menjual mamin kedaluwarsa sudah diberi peringatan dan diminta untuk menarik barang tersebut supaya tidak sampai dibeli karena hanya merugikan pembeli.

Gufron menambahkan, dengan adanya sidak kali ini pihaknya meminta kerja sama antara pedagang, pemerintah, dan masyarakat. Ini dilakukan dalam rangka menjaga kualitas barang yang dibeli konsumen menjelang Ramadan.

"Supaya masyarakat aman dalam membeli mamin. Kami juga mengimbau pada masyarakat jika membeli makanan dan minuman agar melihat tanggal kedaluwarsanya. Jika sudah kedaluwarsa, jangan dibeli. Kita akan terus melakukan pemantauan hingga jelang Lebaran."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5904 seconds (0.1#10.140)