Berbuka Puasa dengan Kelapa Bakar

Rabu, 24 Juni 2015 - 02:56 WIB
Berbuka Puasa dengan Kelapa Bakar
Berbuka Puasa dengan Kelapa Bakar
A A A
ACEH - Kelapa muda jadi favorit saat berbuka puasa Ramadan, tak terkecuali di Aceh Barat. Namun, di daerah ini, kelapa mudanya dibakar terlebih dahulu sebelum dijadikan menu buka puasa.

Minuman unik untuk berbuka puasa ini hanya ada selama Bulan Ramadan. Selain rasanya yang unik dan nikmat, warga percaya kelapa bakar memiliki beragam khasiat yang berguna untuk kesehatan.

Harga jual kelapa bakar ini lebih tinggi dibanding kelapa muda biasa. Pada pedagang menjualnya Rp5 ribu per buah. Dengan harga itu, kelapa bakar pun laris manis diburu pembeli.

Masyitah, pembeli kelapa bakar, mengakui rasa kelapa bakar ini lebih enak dibandingkan dengan kelapa biasa. Kelapa bakar ini hanya bisa ditemukan saat bulan puasa dan menjadi menu istimewa warga Meulaboh.

Bagaimana proses pengolahan kelapa bakar? Yuliani, salah seorang penjual kelapa bakar mengatakan, sejak malam dia bersama suaminya membakar ratusan buah kelapa muda.

Kelapa muda itu ditumpuk dan dibakar dengan kayu di pinggir pantai menjelang pagi tiba. Setelah kulit kelapa hangus merata, satu per satu kelapa ini dibawa ke dalam laut untuk dikupas.

Proses ini dilakukan agar kelapa yang dibakar segera dingin dan memudahkan proses pengupasan kulit kelapa. Selain itu, rendaman air laut yang asin juga dipercaya bisa memengaruhi rasa kelapa bakar tersebut.

Setelah kelapa dikupas dan diikat dengan tali, warga menjajakan secara berjejer di pinggir jalan Kota Meulaboh.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3459 seconds (0.1#10.140)