Berkah Ramadan bagi Perajin Rebana

Sabtu, 27 Juni 2015 - 13:46 WIB
Berkah Ramadan bagi Perajin Rebana
Berkah Ramadan bagi Perajin Rebana
A A A
JOMBANG - Bulan Ramadan memberi berkah bagi perajin rebana di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Berbeda dengan hari biasa, di Bulan Ramadan ini pesanan alat musik islami, rebana, meningkat hingga 50 persen.

Peningkatan pesanan rebana dirasakan Syafii (58), salah seorang perajin rebana di Desa Pagerwojo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Syafii mengaku sudah lebih dari 30 tahun menjadi perajin rebana. Menurutnya, seolah menjadi tradisi, pesanan rebana selalu meningkat di bulan suci seperti ini.

"Pada bulan biasa, pesanan rebana hanya berkisar antara 15 sampai 20 set per bulan. Namun pada Bulan Ramadan seperti sekarang, pesanan rebana yang datang bisa mencapai lebih dari 30 set," ujarnya, Sabtu (27/6/2015).

Pesanan datang tidak hanya dari daerah Jombang, tapi juga dari luar Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi.

Pesanan datang rata-rata bukan dari perorangan, tapi dari kelompok-kelompok hadrah atau lembaga-lembaga pendidikan Islam seperti madrasah atau pondok pesantren.

Ada dua jenis rebana yang diproduksi Syafii, yakni rebana biasa dan rebana Al-Banjari. Harga untuk tiap jenis rebana juga tidak sama, mulai dari yang termurah seharga Rp450.000 per set dan yang termahal mencapai Rp1,5 juta per set.

Tak hanya melayani pesanan rebana baru, di rumah produksinya ini Syafii juga melayani servis atau perbaikan rebana lama yang sudah rusak. Di tangan Syafii, rebana lama akan diset kembali agar suaranya nyaring lagi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4591 seconds (0.1#10.140)