Hal Positif dan Sehat yang Dapat Dilakukan Saat Berpuasa

Minggu, 28 Mei 2017 - 12:00 WIB
Hal Positif dan Sehat yang Dapat Dilakukan Saat Berpuasa
Hal Positif dan Sehat yang Dapat Dilakukan Saat Berpuasa
A A A
JAKARTA - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci dan penuh berkah. Momen spesial seperti ini tentu sangat sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa melakukan hal yang positif, seperti dengan lebih serius menjalani rutinitas keagamaan, mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka, bersosialisasi dengan orang-orang sekitar dan masih banyak yang lainnya. Daripada hanya sekedar menonton televisi, tidur dan yang lainnya, berikut hal-hal yang positif dan sehat yang dapat Anda lakukan saat berpuasa seperti yang dikutip dari Muslimvillage.

1. Penting untuk menanamkan niat dalam menjalani rutinitas selama bulan Ramadhan
Bangun sahur dan melakukan salat subuh harus menjadi rutinitas yang tertanam dalam pikiran, tubuh dan jiwa Anda. Hal yang biasa terjadi adalah dorongan iman yang cukup kuat di hari-hari awal Ramadan, namun seiring berjalannya waktu, niat tersebut mungkin menjadi lemah dan kita akan merasa malas. Cara terbaik adalah dengan tetap memiliki niat yang kuat untuk membiasakan diri melakukan rutinitas tersebut.

2. Kurangi sodium dalam makanan Anda terutama saat sahur
Cara ini akan membantu mengurangi keinginan Anda untuk minum sepanjang hari. Makanan ekstrem seperti makanan pedas, kandungan gula tinggi. makanan berlemak dan yang lainnya juga sebaiknya dikurangi. Usahakan menyantap makanan yang memiliki kandungan serat tinggi agar pencernaan Anda lebih lancar. Penting untuk mengonsumsi biji-bijian seperti, gandum, millet, semolina, kacang-kacangan, kacang lentil, tepung gandum utuh, dan beras kasar yang dipadukan dengan buah-buahan dan sayuran yang tak hanya sehat namun juga memberikan keseimbangan yang baik dan membantu Anda menahan lapar hingga waktu berbuka puasa tiba. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi vitamin dan perbanyak lah mengonsumsi air putih di malam hari dan saat sahur. Yang perlu diingat, meminum teh atau kopi saat sahur dapat menyebabkan Anda kehilangan cairan lebih cepat.

3. Jangan mengonsumsi terlalu banyak makanan ataupun melewatkan sahur
Mengonsumsi terlalu banyak makanan saat sahur tidak akan membuat Anda merasa kenyang sepanjang hari hingga matahari terbenam. Saat bebrapa jam setelah sahur Anda akan tetap merasa lapar. Namun, jangan pula melewatkan sahut karena Anda akan mengalami lesu dan tidak nyaman saat menjalani puasa.

4. Bersosialisasi

Hal ini cukup penting dilakukan terutama saat bulan Ramadhan.Banyak masjid yang mengadakan sesi iftar atau buka puasa bersama di akhir pekan. Bersosialisasi dengan masyarakat di sekitar rumah Anda tentu memiliki banyak manfaat termasuk menambah kenalan, mendapatkan informasi dan tips seputar puasa ataupun acara tertentu, undangan berbuka puasa bersama dan yang lainnya.
(nfl)
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0922 seconds (10.177#12.26)