Ramadan Momentum Meningkatkan Kesetiakawanan

Senin, 29 Mei 2017 - 18:36 WIB
Ramadan Momentum Meningkatkan Kesetiakawanan
Ramadan Momentum Meningkatkan Kesetiakawanan
A A A
JAKARTA - Ramadan adalah momentum di mana masyarakat bisa mempererat rasa kesetiakawanan sosial di antara sesamanya. Bulan yang didalamnya terdapat rahmat juga menjadi sarana bagi umat islam untuk meningkatkan tali silaturahmi melalui ibadah puasa dan ibadah lain yang biasa dilakukan selama Ramadan.

"Ramadan adalah bulan dimana kita dididik diasah, diasuh dan diasih jiwa kemanusiaannya. Makanya panggilan pertama Ramadan adalah panggilan keimanan," ujar Anggota Komisi VIII DPR, Maman Imanul Haq saat berbincang dengan Koran Sindo, Senin (29/5/2017).

Iman menurut Maman identik dengan amanah dan rasa aman. Dalam arti yang lebih luas tidak berkhianat pada nilai-nilai kemanusiaan dimana umat akan terjaga untuk selalu berbuat baik terhadap sesama dan tidak melakukan hal-hal yang menyakiti orang lain. "Itulah yang menjadi pondasi bagaimana nilai-nilai sosial, gotong royong dalam Ramadan terjadi di masyarakat," kata Maman.

Salah satu contoh yang dapat dilihat dari kesetiakawanan dalam Ramadan adalah keindahan melaksanakan puasa yang diakhiri dengan buka bersama. Dilanjutkan dengan salat tarawih di masjid di mana ada nilai silaturahmi di dalamnya. "Ramadan membuat kita menitipkan kepedulian dalam kehidupan. Bahwa kita hidup harus saling memberi, saling mencintai, saling bermanfaat bagi sesama," lanjut Maman.

Maman berharap keindahan Ramadan bisa terus tertanam didalam masyarakat. Kondisi yang pada akhirnya berdampak pada kehidupan berbangsa dan bernegara. "Inilah momentum penting kita untuk menyatukan kembali ruhani kita, termasuk ruhani kebangsaan, menyatukan kembali nilai kemanusiaan kita," tambah Maman.
(bbk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5710 seconds (0.1#10.140)