Alhamdulillah! Pintu Surga Terbuka Bagi yang Membaca Kalimat Ini

Jum'at, 18 Mei 2018 - 15:08 WIB
Alhamdulillah! Pintu Surga Terbuka Bagi yang Membaca Kalimat Ini
Alhamdulillah! Pintu Surga Terbuka Bagi yang Membaca Kalimat Ini
A A A
Kalimat Alhamdulillah (tahmid) memiliki keutamaan (fadillah) yang sangat besar. Allah SWT menjadikan kalimat ini salah satu ayat pembuka Alquran (Surah Al-Fatihah). Betapa dahsyatnya kalimat Alhamdulillah ini.

Dalam Kitab Qurrotul 'Uyun (penyejuk mata) yang dikarang Syeikh Muhammad At-Tihamiy menjelaskan bahwa makna Alhamdulillah itu adalah pujian kepada Allah SWT dengan keindahan yang disengaja berdasarkan pengagungan dan penghormatan.

Imam Khotib meriwayatkan: Alhamdulillah itu terdiri dari 8 huruf, sedang pintu surga ada delapan. Siapa saja yang mengucapkan Alhamdulillah maka akan dibukakan baginya delapan pintu surga itu.

Suatu hari Nabi Musa AS berkata: "Wahai Tuhanku, kapan aku dapat mencapai puji-Mu dan syukur-Mu, sedangkan pujianku dan syukurku adalah nikmat dari-Mu kepadaku? Kemudian Allah berfirman kepada Nabi Musa: "Kapan saja engkau mengakui bahwa engkau tidak mampu memuji-Ku, maka sungguh engkau telah memuji-Ku".

Dari Anas RA, Rasulullah SAW bersabda: "Seandainya dunia seluruhnya dengan semua sisinya berada pada tangan seorang laki-laki dari umatku, kemudian ia mengucapkan Alhamdulillah, maka niscaya Alhamdulillah itu lebih utama dari semua itu. (HR Ibnu 'Asakir)

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW bersabda: "Siapa saja yang mengucapkan Subhanallah (Maha Suci Allah) maka dituliskan untuknya pahala 10 kebaikan. Siapa saja yang mengucapkan Laa Ilaha illallah (tidak ada Tuhan selain Allah) maka dituliskan baginya pahala 20 kebaikan. Dan siapa saja yang mengucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah) maka dituliskan untuknya pahala 30 kebaikan. (HR Ahmad).

Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk memperbanyak membaca Alhamdulillah. Sebagaimana hadis riwayat Imam Dailami dari Ibnu Umar, Nabi SAW bersabda: “Perbanyaklah oleh kalian membaca Alhamdulillah karena sesungguhnya Alhamdulillah itu memiliki dua mata dan dua sayap, yang terus membaca salawat di dalam surga dan memohon ampunan untuk pembacanya sampai hari kiamat.”
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2807 seconds (0.1#10.140)