Kapan Alqur'an Diturunkan? Ini Penjelasan Ustaz Ahmad Sarwat

loading...
Kapan Alquran Diturunkan? Ini Penjelasan Ustaz Ahmad Sarwat
Kapan Alqur'an Diturunkan? Ini Penjelasan Ustaz Ahmad Sarwat
Alqur'an adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Turunnya Alqur'an dari Lauhul Mahfuzh dikenal dengan istilah Nuzulul Qur'an.

Di Indonesia setiap 17 Ramadhan biasanya dilakukan peringatan yang dirangkai dengan pengajian khusus bertema Nuzulul Qur'an. Namun, kapan turunnya Alqur'an ini masih terjadi perbedaan pendapat antara ulama.

Berikut penjelasan Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat yang dilansir dari rumahfiqih.com:

Ada beberapa pendapat mengenai kapan turunnya Alqur'an. Semua berangkat dari tiga ayat Alqur'an sendiri yang sekilas terdapat perbedaan materi. Sehingga membuat para ulama pun ikut berbeda pendapat. Ketiga ayat itu adalah:

1. Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Alqur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang haq dan yang batil. (QS Al-Baqarah: 185).

2. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Qur'an) pada malam Lailatul Qadar. (QS Al-Qadr:1)



3. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Qur'an) pada malam yang diberkahi. (QS Ad-Dukhan: 3)

Sebenarnya ketiga ayat di atas tidak bertentangan, karena malam yang diberkahi adalah malam Lailatul Qadar dalam bulan Ramadhan. Tetapi lahir (zahir) ayat-ayat itu bertentangan dengan kehidupan nyata Rasulullah SAW, di mana Qur'an turun kepadanya selama dua puluh tiga tahun.

Dalam hal ini, para ulama mempunyai beberapa madzab:

1. Madzab Pertama
Pendapat Ibn Abbas dan sejumlah ulama serta yang dijadikan pegangan oleh umumnya para ulama. Menurut mereka, yang dimaksud dengan turunnya Qur'an dalam ketiga ayat di atas adalah turunnya Qur'an sekaligus di Baitul 'Izzah di langit dunia agar para malaikat menghormati kebesarannya. Kemudian sesudah itu Qur'an diturunkan kepada rasul kita Muhammad SAW secara bertahap selama 23 tahun.

Sesuai dengan peristiwa-peristiwa dan kejadian sejak beliau diutus sampai wafatnya. Beliau tinggal di Makkah sejak diutus selama 13 tahun dan sesudah itu beliau hijrah dan tinggal di Madinah selama 10 tahun. Pendapat ini didasarkan pada berita-berita yang sahih dari Ibn Abbas dalam beberapa riwayat. Antara lain:
Pertama, Ibn Abbas berkata, "Qur'an sekaligus diturunkan ke langit dunia pada malam Lailatul Qadar, kemudian setelah itu ia diturunkan selama dua puluh tahun. Lalu ia membacakan: Tidaklah orang-orang kafir itu datang kepadamu sesuatu yang ganjil, melainkan Kami datangkan kepadamu suatu yang benar dan yang paling baik penjelasannya. (QS Al-Furqan: 33).
halaman ke-1
cover top ayah
تَعۡرُجُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَ الرُّوۡحُ اِلَيۡهِ فِىۡ يَوۡمٍ كَانَ مِقۡدَارُهٗ خَمۡسِيۡنَ اَلۡفَ سَنَةٍ‌ۚ‏
Para malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan, dalam sehari setara dengan lima puluh ribu tahun.

(QS. Al-Ma'arij:4)
cover bottom ayah
preload video