Catatan ke-17 Ramadhan

Ramadhan Itu Bulan Hidayah (Bagian 2 Penutup)

loading...
Ramadhan Itu Bulan Hidayah (Bagian 2 Penutup)
Ramadhan Itu Bulan Hidayah (Bagian 2 Penutup)
Imam Shamsi Ali
Presiden Nusantara Foundation

Ini adalah cerita yang telah berkali-kali saya sampaikan dalam banyak kesempatan. Tapi sebagai pengingat dan penguat, saya sampaikan sekali lagi.

Cerita pertama adalah cerita sang Ibu yang tersentuh dengan bacaan Alquran di Yankee Stadium pasca 9/11 di Kota New York Amerika Serikat.

Sekitar dua minggu setelah serangan teror di Kota New York Amerika Serikat saya diundang oleh kantor Wali Kota New York untuk mewakili Komunitas Muslim di sebuah acara besar yang dinamai "National Prayer for Amerika" atau doa nasional untuk Amerika.

Saya hadir bersama seorang imam lainnya. Kebetulan memang hanya dua orang yang diundang sebagai pembicara mewakili komunitas Muslim. Saya bersama Imam E Pasha, Imam masjid Malcom X di Harlem New York.



Singkat cerita saya memilih membaca beberapa ayat pilihan dari Alqur'an. Saya memang persiapkan secara matang. Selain matang dari segi makna, juga yang terbaik dari segi bacaan. Alhamdulillah acara berlangsung baik dan mendapat sambutan positif yang luar biasa.

Tiga bulan setelah acara itu saya mendapat telepon dari seorang wanita di Kota New York. Menurutnya telah mencari saya tiga bulan berturut-turut, sejak acara di Yankee Stadium itu.

Singkatnya, dia menceritakan bahwa tiga bulan lalu saat saya membaca Alqur'an itu, dia adalah seorang Kristen. Tapi dia menonton saya membaca dan mendengarkan bacaan itu. Tanpa beliau sadari ketika itu, beliau menangis meneteskan air mata mendengarkan bacaan tersebut.



Akhirnya dia ke sebuah perpustakaan meminjam buku tentang Islam. Ternyata yang dia pinjam adalah Alquran. Menurutnya lagi, setiap malam dia baca Alquran itu, tentu dalam terjemahan, pasti merasa tenang dan tertidur pulas. Padahal beliau termasuk orang yang sulit tertidur.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
وَاٰخَرُوۡنَ مُرۡجَوۡنَ لِاَمۡرِ اللّٰهِ اِمَّا يُعَذِّبُهُمۡ وَاِمَّا يَتُوۡبُ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ عَلِيۡمٌ حَكِيۡمٌ
Dan ada pula orang-orang yang ditangguhkan sampai ada keputusan Allah. Mungkin Allah akan mengazab mereka atau mungkin Allah akan menerima tobat mereka. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. At-Taubah:106)
cover bottom ayah
preload video