Keistimewaan Puasa 'Asyura Gugurkan Dosa 1 Tahun Lalu

Senin, 09 September 2019 - 15:05 WIB
Keistimewaan Puasa Asyura Gugurkan Dosa 1 Tahun Lalu
Keistimewaan Puasa 'Asyura Gugurkan Dosa 1 Tahun Lalu
A A A
Muharram adalah bulan haram yang diberkahi Allah SWT terutama pada 10 hari pertama. Hari ini bertepatan hari ke-9 Muharram atau disebut tasu'a. Besok Selasa (10/10/2019) atau nanti malam (menurut kalender Hijriyah), kita memasuki hari ke-10 Muharram atau dikenal dengan sebutan 'Asyura.

Hari 'Asyura merupakan hari istimewa karena Rasulullah SAW juga memuliakannya. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk berpuasa pada hari tersebut.

Keistimewaan puasa 'Asyura ini sebagaimana sabda Beliau SAW: "Dan puasa di hari 'Asyura saya berharap kepada Allah agar dapat menghapuskan (dosa) setahun yang lalu." (HR Muslim)

Nabi juga berpesan dengan hadits yang diriwayatkan Ibnu 'Abbas: "Berpuasalah kalian pada hari 'Asyura dan selisihilah orang-orang Yahudi. Berpuasalah sebelumnya (tasu'a) atau berpuasalah setelahnya satu hari." (HR Ahmad, HR Al-Baihaqi)

Adapun fadhillah melaksanakan puasa 'Asyura adalah menggugurkan dosa selama setahun lalu. "Dari Abu Qatadah Al-Anshari RA, Rasulullah ditanya tentang puasa hari 'Asyura, maka beliau bersabda: "Puasa 'Asyura dapat menghapuskan dosa-dosa kecil setahun yang lalu". (HR Muslim)

Mengenai puasa Tasu'a (9 Muharram) dilakukan sehari sebelum puasa 'Asyura untuk menyelisihi kaum Yahudi sebagaimana dianjurkan oleh Nabi. Dari Ibnu Abbas RA dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila (usia)-ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada hari kesembilan". (HR Muslim)

Berikut Niat Puasa 'Asyura (10 Muharram)
Nawaitu Shauma Ghadin 'an Ada'i Sunnatil 'Asyura Lillahi Ta'ala.
Artinya: Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3234 seconds (0.1#10.140)