Ulama Kharismatik Mesir Jadi Khatib Jumat di Masjid Sunda Kelapa

Jum'at, 20 September 2019 - 14:14 WIB
Ulama Kharismatik Mesir Jadi Khatib Jumat di Masjid Sunda Kelapa
Ulama Kharismatik Mesir Jadi Khatib Jumat di Masjid Sunda Kelapa
A A A
JAKARTA - Kedatangan Syeikh Usamah Sayyid Al-Azhari, Ulama Al-Azhar yang juga Penasehat Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi dalam Bidang Keagamaan ke Indonesia mendapat sambutan baik dari dewan pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat.

"Syeikh Usamah menyampaikan khutbah Jumat di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng hari ini (20/9/2019), didampingi Duta Besar Republik Arab Mesir untuk Indonesia, Amru Muawwadh," kata Ismed Hasan Putro, Sekretaris Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa dalam keterangan resminya, Jumat (20/9/2019).

Ulama kharismatik dari Universitas Islam tertua di dunia ini datang membawa misi moderasi beragama Al-Azhar dalam menjawab tantangan ekstrimisme dan radikalisme.

Syeikh Usamah menyampaikan khutbah Jumatnya dalam bahasa Arab selama 15 menit. Selepas salat Jumat acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan jamaah Masjdi AGung Sunda Kelapa.

Dalam sesi tanya jawab itu, para jamaah diberi kesempatan bertanya seputar permasalahan Agama yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Syeikh Ahmad Al-Misry.

Selama kunjungan di Indonesia, Syeikh Usamah telah menemui sejumlah pejabat di Indonesia seperti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dan beberapa lembaga pendidikan seperti UIN Syarif Hidayatullah, Pondok Pesantren Darul Quran.

Syeikh Usamah juga membahas banyak topik di antaranya toleransi dalam beragama, pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UII). Kemudian diskusi tentang keberaan pelajar Indonesia yang saat ini menimba ilmu di Mesir yang saat ini berjumlah sekitar 6.000 orang.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5004 seconds (0.1#10.140)