Nasihat Ustaz Abdul Somad untuk Para Pejabat

loading...
Nasihat Ustaz Abdul Somad untuk Para Pejabat
Nasihat Ustaz Abdul Somad untuk Para Pejabat
Ustaz Abdul Somad (UAS) menyampaikan sebuah nasihat yang menggetarkan hati ketika menjadi Khatib Jumat beberapa waktu lalu. Khutbah UAS ini disiarkan oleh Tafaqquh Video dan dipublish oleh Akun Youtube 'Nuansa Muslim'.

Dai lulusan Al-Azhar Mesir ini membuka khutbahnya dengan kalimat syukur 'hamdalah' dan salawat atas Nabi Muhammad SAW . Kemudian menyampaikan ayat Allah untuk bertakwa dengan sebenar-benarnya takwa (Surah Ali 'Imran ayat 102).

Setelah itu, UAS menyampaikan satu hadits Nabi yang cukup populer: "Siapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Siapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Siapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat."

Apa standar kebaikan itu? Kalaulah ukurannya adalah fisik, maka Fir'aun lah yang paling hebat karena bisa membangun gedung-gedung dan menara tinggi. Tapi standar kebaikan ternyata tidak dilihat dari fisik. Standar kebaikan bagi seseorang adalah ketika ada rasa takut kepada Allah Ta'ala.

Siapa yang paling baik di antara kamu? Mereka adalah orang yang paling takut kepada Allah. Ketika Allah menciptakan manusia dari sperma (nuthfah) hingga Allah jadikan bisa mendengar, bisa melihat. Sebelumnya dia bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa, tapi ketika sudah diberi ruh dalam jasadnya maka muncullah hawa nafsu dan keinginan. Nafsu makan, nafsu biologis, nafsu kekuasaan, nafsu politik membuat dia jatuh ke tempat yang paling rendah.

"Tapi ketika dia punya rasa takut kepada Allah, maka dia mendapat karunia Allah berupa surga. Bersyukurlah ketika ada rasa takut maka itu lebih baik dari kemarin," kata UAS.



Beliau melanjutkan, bahwa laknat tidak selalu dalam bentuk kemiskinan atau sakit. Boleh jadi Allah ingin menghapus dosa-dosa kita di masa lalu. Di mana sebenarnya rasa takut itu? Rasa takut itu sesunugguhnya ada dalam segumpal daging yang ketika ia baik maka baiklah semua jasad itu. Dia adalah hati.

Laknat Allah pertama kali turun ke dalam hati. Jika hati sudah terkunci, maka ia menular ke telinga. Kalau telinga sudah tersumbat maka akan menjalar ke mata. Maka mata dan telinga tidak lagi berfungsi dan akhirnya tidak lagi berada di jalan kebenaran.

Sesungguhnya yang paling mulia di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa di antara kamu. "Ilahi Anta Maqsudi wa ridhoka mathlubi (Allah lah tempat tujuan dan ridhaNya lah semata-mata yang diharapkan). Apapun jabatan yang ada, sesungguhnya itu untuk mencari ridha Allah," terangnya.
halaman ke-1
cover top ayah
فَلۡيَـضۡحَكُوۡا قَلِيۡلاً وَّلۡيَبۡكُوۡا كَثِيۡرًا‌ ۚ جَزَآءًۢ بِمَا كَانُوۡا يَكۡسِبُوۡنَ
Sekarang, biarkanlah mereka sedikit tertawa, nanti mereka akan banyak menangis, sebagai balasan atas perbuatan mereka.

(QS. At-Taubah:82)
cover bottom ayah
preload video