Rajin ke Pengajian, Akhlak Tidak Berubah? Ini Kata Aa Gym

Rabu, 30 Oktober 2019 - 16:00 WIB
Rajin ke Pengajian, Akhlak Tidak Berubah? Ini Kata Aa Gym
Rajin ke Pengajian, Akhlak Tidak Berubah? Ini Kata Aa Gym
A A A
Ada yang bertanya kepada KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) yang juga pendiri Pesantren Darut Tauhid Bandung, Jawa Barat. Kenapa tuh Aa, dia rajin ke pengajian tapi akhlaknya tak ada perubahan, yang berubah hanya seragamnya saja. Tahu kenapa sebabnya kira-kira?

Ini Jawaban Aa Gym:

1. Mencari Ilmu Salah Niat.
Niatnya supaya dapat dunia. Ingin punya gelar, agama ingin diakui sebagai ustaz, ingin diakui sebagai kiyai. Ingin diakui pokoknya niatnya mencari ilmunya bukan untuk dekat dengan Allah Ta'ala, niatnya hanya dunia. Itu dari awal sebanyak apapun ilmu agamanya, akhlaknya gak akan sebanding dengan ilmunya. Karena sudah salah niat.

Salah niat itu tidak mendatangkan pertolongan Allah Ta'ala. Kita berakhlak baik kan berkat pertolongan Allah Ta'ala. Makanya hati-hati nih yang kuliah agama datang ke majelis ta'lim dan sebagainya, tanya dulu apa nih niat saya? salah niat tidak barakah ilmunya.

2. Ilusi Ilmu.
Jadi Ketipu oleh ilmu yang sudah diketahuinya. Sing sabar tuh jadi orang. Innallaha ma'anash shabirin. Nah gitu. Dia berdebat itu jelas dalilnya. Sabarnya jelas diomongin, Sabarnya jelas ada alilnya, tapi dia gak sabar.

Hati-hati loh hadirin, jangan seperti tetangga yang itu. Dia tuh kerjanya ngomongin orang. Padahal ngomongin orang itu hukumnya haram, baca Surah Al-Hujurat ayat 12. Ghibah itu memakan daging saudaranya yang sudah mati, dia tuh kerjaannya berghibah. Eh dia lagi apa itu?

Ini serius Pak. Ada orang yang membahas ilmu Islam dan merasa sudah mengamalkannya karena membahasnya. Serius hati-hati kita Pak, jangan-jangan kita banyak membahas agama tapi saat yang sama tidak mengamalkannya karena terjebak dengan ilmu, namanya ilusi ilmu.

3. Fokus Mengamalkan Ilmu hanya yang Lahiriyah Semata.

Datang ke masjid, salat ya salat, i'tikaf ya i'tikaf, ngaji ya ngaji, tapi hanya sebatas zahir, hatinya gak punya program membersihkan. Ya seperti barusan salat kita mulut barusan Insya Allah benar lah mengucapnya, rukunnya benar, tapi satu yang dikhawatirkan belum benar hatinya.

Allahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4287 seconds (0.1#10.140)