Aa Gym: 5 Hikmah Dibalik Kehidupan New Normal

Rabu, 10 Juni 2020 - 14:53 WIB
loading...
Aa Gym: 5 Hikmah Dibalik Kehidupan New Normal
Dai yang juga Founder Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Foto/Istimewa
A A A
Tidak ada satu pun kejadian di muka bumi yang terjadi secara kebetulan atau sia-sia tanpa hikmah . Begitu juga wabah yang Allah Ta'ala takdirkan saat ini. Wabah menjadi azab bagi orang yang dikehendaki Allah dan menjadi rahmat bagi orang beriman.

" Wabah Covid-19 tergantung dari mana memandang dan menyikapinya. Kita sibuk mencari hal yang tidak enak dari wabah ini. Tapi kalau sibuk mencari sesuatu hikmah di balik semuanya, maka wabah ini akan luar biasa manfaatnya," kata Dai yang juga Founder Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam kajian Dhuha yang disiarkan secara online di BSD, Tangerang Selatan belum lama ini. (Baca Juga: Jangan Panik! Ini Pesan Aa Gym Soal Virus Corona)

Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dari Shuhaib, beliau bersabda:

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

"Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruh urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya". (HR Muslim No. 2999)

Berikut 5 Hikmah Dibalik Hidup Normal yang baru ( New Normal ):

1. Meningkatkan keyakinan kepada Allah Ta'ala. Yakin akan kebesaran-Nya, kekuasaan-Nya dan ketentuan-Nya. Saat ini dunia beserta isinya bertekuk lutut di bawah kuasa Allah Ta'ala. Makin yakin bahwa takdir Allah pasti terjadi.

2. Semakin menyadari dan mengakui posisi kita sebagai hamba Allah yang tidak berdaya. Manusia dengan segala kepintaran, kekuasaan, kekayaan dan kehebatan yang dimiliki ternyata lemah ketika terjadi wabah.

3. Mengatasi segala masalah yang terjadi saat ini dengan kebersamaan dan saling mendukung. (Baca Juga: Bagaimana Caranya Bahagia, Ini Nasihat Aa Gym)

4. Saatnya mengembangkan kepedulian sosial terhadap sesama, bersedekah dan membantu orang yang susah.

5. New normal akan sukses jika memasuki fase disiplin dalam hidup. Islam merupakan agama yang disiplin dan kekuatan diberikan kepada orang yang disiplin.

Demikian hikmah kehidupan normal yang baru ini. Semoga kaum muslimin senantiasa mengingat Allah Ta'ala. Sebab, kita tidak bisa menyelesaikan apapun tanpa petunjuk, bimbingan, pertolongan dan perlindungan Allah Ta'ala. ( )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)