Habib Alwi: Inilah 5 Ayat Pertama yang Diturunkan ke Bumi

loading...
Habib Alwi: Inilah 5 Ayat Pertama yang Diturunkan ke Bumi
Habib Alwi: Inilah 5 Ayat Pertama yang Diturunkan ke Bumi
Turunnya Alqur'an dari Lauhul Mahfudz ke dunia ternyata melewati proses panjang dan bertahap selama 20 tahun. Ada yang menyebut selama 22 tahun 2 bulan. Nabi Muhammadshalallahu 'alaihi wa sallam (SAW) menerima wahyu dari Allah Ta'ala ketika Beliau berusia 40 tahun.

Bagaimana proses turunnya Alqur'ankepada Nabi SAW dan ayat apa yang pertama kali diturunkan? Berikut ulasan singkat Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Habsyi (Pimpinan Ponpes Nurul Muhtadin Baalawy Srengseng), dalam pengajian Kamis malam di Srengseng Jakarta Barat (6/11/2019).

Habib Alwi mengatakan, Allah Ta'ala menurunkan Alqur'an kepada Rasulullah SAW secara bertahap melalui Malaikat Jibril As. Adapun wahyu yang pertama kali diturunkan terdiri dari 5 ayat. Itulah yang kita kenal dengan Surah Al-'Alaq (segumpal darah) atau Surah Iqra'.

Surat Al-'Alaq ini terdiri dari 19 ayat. Namun saat diturunkan pertama kali, Rasulullah SAW menerima 5 ayat saja. Kelima ayat ini turun ketika Nabi berkhalwat (sendirian) di Gua Hira Jabal Nur, sekitar 6 km sebelah utara Masjidil Haram, Makkah.



Setelah menurunkan 5 ayat Iqra' ini, Allah kemudian menurunkan Alqur'an secara bertahap selama kurang lebih 20 tahun. Surah Al-'Alaq ini jarang dibaca dalam salat karena di akhir surah terdapat ayat sajdah (anjuran sujud berdoa sujud tilawah). Surah ini sering dibaca ketika bulan Ramadhan. Dalam madzhab Syafii, sujud tilawah disunnahkan ketika membaca ayat sajdah.

Inilah 5 Ayat Pertama yang Diturunkan ke Bumi:
1.
اِقۡرَاۡ بِاسۡمِ رَبِّكَ الَّذِىۡ خَلَقَ‌ۚ

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,
2.
خَلَقَ الۡاِنۡسَانَ مِنۡ عَلَقٍ‌ۚ‏

Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3.
اِقۡرَاۡ وَرَبُّكَ الۡاَكۡرَمُۙ

Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia,
4.
الَّذِىۡ عَلَّمَ بِالۡقَلَمِۙ

Yang mengajar (manusia) dengan pena.
5.
عَلَّمَ الۡاِنۡسَانَ مَا لَمۡ يَعۡلَمۡؕ

Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya. (Surah Al-'Alaq: 1-5)

Setelah ayat tersebut, Allah menurunkan surah Al-Muddatsir, Al-Muzammil dan Surah Nun (Al-Qalam). Adapun surah Iqra' itu diturunkan langsung ke dada Nabi Muhammad SAW. Nabi SAW dikenal tidak bisa baca dan tulis atau disebut Nabiiyil Ummi.



"Kalau Nabi bisa menulis, nanti orang bilang Nabi itu ngarang. Kalau Nabi bisa membaca, nanti ada yang bilang Nabi itu nyontek, inilah keistimewaan Nabi makanya disebut Nabiyyil Ummi," kata Habib Alwi yang juga alumnus Darul Musthafa, Tarim Hadramaut, Yaman.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
وَمِنَ الَّيۡلِ فَاسۡجُدۡ لَهٗ وَسَبِّحۡهُ لَيۡلًا طَوِيۡلًا
Dan pada sebagian dari malam, maka bersujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.

(QS. Al-Insan:26)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video