Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafi'i (4)

loading...
Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafii (4)
Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafi'i (4)
Mazhab Syafi'i adalah satu dari empat mazhab ahlussunnah wal-jamaah (Hanafi, Maliki, Syafii, Hanbali). Mazhab ini memiliki pengikut terbanyak di dunia yang mayoritas tersebar di Indonesia, Asia Tenggara, Yaman, sebagian Syam dan beberapa negara lainnya.

Berikut ini ulasan Ustaz Muhammad Ajib , pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Mazhab Syafi'i. Semoga bisa memberikan wawasan yang mencerahkan mengenai mazhab Syafi'i.

Pujian Ulama Besar Terhadap Imam Syafi'i
Seorang ulama dikatakan sebagai ulama besar yang menguasai ilmu agama bisa dilihat seberapa banyak ulama sekelas mujtahid yang memujinya. Bukan melihat berapa banyak pujian murid-muridnya yang bukan ulama. Maka kita akan lihat kehebatan Imam Syafi'i sebab banyaknya ulama besar yang memuji keilmuan beliau.

Imam Ahmad bin Hanbal (wafat 241 H) mengatakan bahwa Imam Syafi'i bagaikan matahari yang menyinari dunia dan bagaikan kesehatan bagi setiap tubuh, maka apakah ada pengganti untuk kedua hal ini? Beliau berhujjah dengan hadits shahih dan pemahaman yang sahih.

Imam Ibnu Katsir (wafat 774 H) mengatakan bahwa Imam Syafi'i adalah orang yang paling mulia dan paling luas ilmunya. Dan beliau adalah imamnya para imam yang paham mengenai urusan agama dan paling santun akhlaknya.

Imam Dzahabi (wafat 748 H) mengatakan bahwa Imam Syafi’i adalah seorang imam besar yang alim dan penolong sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW.



Imam Suyuti (wafat 911 H) mengatakan bahwa Imam Syafi'i adalah pemimpinnya para imam dan panutan seluruh umat. [Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafi'i (2)]

Imam Khatib Al-Baghdadi (wafat 463 H) mengatakan bahwa Imam Syafi'i adalah gurunya para guru, sebab beliau memiliki murid yang hebat bernama Imam Ahmad bin Hanbal.

Imam Al-Baihaqi (wafat 458 H) berkata: "Saya telah meneliti semua pendapat-pendapat para imam madzhab berdasarkan pemahamanku terhadap Al-Quran dan Hadis, maka saya temukan bahwa Imam Syafi'i adalah orang yang paling banyak mengikuti sunnah Nabi SAW, paling kuat dalilnya serta hujjahnya dan paling benar qiyasnya. Semua ini karena kefasihan beliau dan tingginya ilmu yang dimilikinya.

Imam Nawawi (wafat 676 H) berkata: "Imam kami adalah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i semoga Allah meridhainya dan memuliakannya. Saya berharap bisa dikumpulkan bersamanya di surga dan semoga dengan mengikutinya dan mencintainya saya mendapatkan manfaat yang banyak. Sesungguhnya seseorang akan bersama orang yang dicintai. Dan saya adalah termasuk orang yang mencintainya. [Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafi'i (3)]

Bersambung...
(rhs)
cover top ayah
وَلَقَدۡ يَسَّرۡنَا الۡقُرۡاٰنَ لِلذِّكۡرِ فَهَلۡ مِنۡ مُّدَّكِرٍ
Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?

(QS. Al-Qamar:22)
cover bottom ayah
preload video