Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafi'i (5)

Rabu, 27 November 2019 - 15:04 WIB
Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafii (5)
Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafi'i (5)
A A A
Imam Syafii (150-204 H), salah satu imam besar dari 4 mazhab ahlussunnah wal-jamaah (Hanafi, Maliki, Syafii, Hanbali). Beliau ahli Alqur'an, ahli Hadis, ahli Ushul Fiqih, ahli Fiqih dan ahli bahasa terkemuka pada masanya.

Mazhab Syafi'i memiliki pengikut terbanyak di dunia yang mayoritas tersebar di Indonesia, Asia Tenggara, Yaman, sebagian Syam dan beberapa negara lainnya.

Berikut ini ulasan Ustaz Muhammad Ajib , pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Mazhab Syafi'i. Semoga bisa memberikan wawasan yang mencerahkan mengenai mazhab Syafi'i.

Ushul Madzhab Syafi'i
Satu-satunya imam mazhab yang menuliskan ushul mazhabnya dalam sebuah kitab adalah Imam Syafi'i. Beliau menyusun kitab ar-Risalah yang berisi kaidah-kaidah ushul fiqih. Para ulama juga mengatakan bahwa beliau adalah peletak dasar pertama ilmu ushul fiqih dan orang yang pertama kali menuliskan ilmu ushul fiqih dalam sebuah kitab tersendiri.

Imam Syafi'i berkata: "Tidaklah muncul sebuah masalah melainkan pasti ada dalilnya dari kitab Allah Ta'ala melalui jalan dari petunjuknya".

Secara umum ushul fiqih mazhab Syafi'i berpedoman pada Alqur'an, Al-Hadis, Al-Ijma' dan Al-Qiyas. Walaupun dalam praktiknya beliau juga menggunakan dalil syar'i lainnya seperti istihsan, maslahah mursalah, istishab dan lain lain. [Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafi'i (3)]

Mengenai penjelasan ushul fiqih mazhab Syafi'i secara detail bisa kita baca dalam kitab-kitab ushul yang dikarang oleh para ulama besar dalam madzhab Syafi'i, di antaranya:

1. Kitab ar-Risalah karya Imam Syafi'i (wafat 204 H).
2. Kitab al-Mu'tamad karya Imam al-Husain al-Bashri (wafat 436 H).
3. Kitab al-Burhan karya Imamul Haramain (wafat 478 H).
4. Kitab al-Mustashfa karya Imam al-Ghazali (wafat 505 H).
5. Kitab al-Mahsul Fii Ilmil Ushul karya Imam ar-Razi (wafat 606 H).
6. Kitab al-Ihkam Fii Ushulil Ahkam karya Imam al-Amidi (wafat 630 H).
7. Kitab Muntaha as-Saul karya Imam Ibnu al-Hajib (wafat 646 H).
8. Kitab Minhajul Wushul Ila Ilmil Ushul karya Imam al-Baidhawi (wafat 685 H).
9. Kitab al-Ibhaj karya Imam as-Subki (wafat 756 H).
10. Kitab Jam'ul Jawami' karya Imam as-Subki (wafat 771 H).
11. Kitab Lubbul Ushul karya Imam Zakaria al-Anshari (wafat 926 H).
12. Kitab at-Ta'arruf karya Imam Ibnu Hajar al-Haitami (wafat 97 4 H). [Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafi'i (4)]
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3150 seconds (0.1#10.140)