6 Penyakit Hati yang Harus Dijauhi

Selasa, 10 Desember 2019 - 17:34 WIB
6 Penyakit Hati yang Harus Dijauhi
6 Penyakit Hati yang Harus Dijauhi
A A A
Penyakit hati adalah penghalang seseorang untuk mendapatkan ilmu yang berkah. Jika penyakit hati ini dibiarkan, seseorang akan sulit mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala.

"Ilmu yang berkah akan mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala. Untuk mendapatkan ilmu yang berkah, kita harus menjauhi penyakit hati," kata Dai yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Darut Tauhid Bandung KH Abdullah Gymnastiar pada Milad Majelis Ta'lim Aisyah ke-10 di kediamannya di Griya Loka, BSD, Tangerang Selatan tadi pagi (10/12/2019).

Kunci dari keberkahan ilmu adalah menjauhi diri dari segala syirik dan penyakit hati. Ketika seseorang menuntut ilmu ingin dipuji berarti ia masih memiliki penyakit dalam hatinya.

6 Penyakit Hati yang Harus Dijauhi, yaitu:
1. Syirik.
2. Munafik.
3. Takabur.
4. Dengki.
5. Ujub.
6. Cinta Dunia.

Apabila ingin mencari berkah maka menuntut ilmunya harus ikhlas. Ikhlas itu artinya tidak berharap dari makhluk, ia hanya bergantung kepada Allah Ta'ala.

"Saya dididik oleh guru saya 13 tahun untuk melepas harapan dari makhluk, harta, jabatan, dan yang lainnya. Ada orang ingin dipuji dengan amalan dunia, ini masih mending. Yang bahaya ingin dipuji dengan amalan akhirat. Hati-hati jangan menggunakan assesoris ibadah untuk dipuji orang," kata dai yang akrab disapa Aa Gym ini.

Munafik ada 3:
1. Munafik Aqidah.
2. Munafik Akhlak.
3. Munafik Adab.

Kalau ada orang gak berterima kasih itu adalah latihan kita untuk ikhlas. Orang yang ikhlas itu pikirannya cuma satu, bagaimana agar amalnya diterima Allah Ta'ala. Jangan sampai kita belajar dan beramal, tetapi tidak ikhlas.

Kemudian Aa Gym berpesan jangan menganggap remeh orang lain. Orang yang berilmu tak akan menganggap remeh orang lain. Carilah 1.001 alasan agar tidak melihat orang lain lebih rendah dari kita. Sebab, bisa jadi dia lebih saleh daripada kita.

"Orang yang berbuat salah tapi taubat lebih mulia di sisi Allah Ta'ala dibanding orang yang berilmu tapi sombong," kata Aa Gym.

وَاللّهُ أعلَم بِالصَّوَاب
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2932 seconds (0.1#10.140)