Imam Shamsi Ali Sampaikan 5 Pesan Tahun Baru

loading...
Imam Shamsi Ali Sampaikan 5 Pesan Tahun Baru
Imam Shamsi Ali Sampaikan 5 Pesan Tahun Baru
Imam Shamsi Ali
Presiden Nusantara Foundation
Pendiri Pesantren Nur Inka Nusantara Madani USA


Pergantian tahun itu adalah bagian dari sunnah Allah dalam ciptaan-Nya (sunnatullah fil-kaun). Asal-usulnya karena semua yang ada di alam semesta mengalami pergerakan. Dan karenanya juga mengalami perubahan.

Dari detik ke menit, hari ke minggu, bulan ke tahun. Semua itu perubahan yang disunnahkan oleh Sang Psncipta alam semesta. Hakikat itu yang digambarkan dalam berbagai tempat di Kitab Suci. Dia antaranya: "Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi dan pergantian malam dan siang adalah tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi mereka yang berpikir".

Di bagian lain Allah menggambarkan pergerakan itu dengan "sibaahah" (berenang). "Dan semua (alam cosmos) bergerak pada porosnya masing-masing". (Yaasiin).

Oleh karena itu bergantinya tahun, apapun yang dipakai manusia, baik berdasar matahari (solar) atau bulan (lunar) secara substansi merupakan sunnatullah atau aturan Allah dalam mengatur perjalanan semesta.

Mengakhiri tahun 2019 dan memasuki tahun 2020 tentu banyak hal yang perlu kita ingatkan. Yang pasti tahun 2019 adalah tahun penuh gejolak dan keprihatinan. Tahun yang yang boleh jadi dalam pandangan sebagian sebagai tahun ketidak pastian (uncertainty).



Saya tidak bermaksud merinci kembali ragam darkness (suram) di tahun 2019 kemarin. Justru saya ingin mengajak kita semua untuk menatap hari ini dan esok dengan pandangan optimistis. Bahwa di ujung terowongan panjang itu ada sinar yang terang.

5 Pesan Tahun Baru
Saya mencoba merenung kembali kira-kira di mana letak titik-titik kelemahan (points of weakness) umat di tahun 2020 lalu sehingga harus melalui berbagai tantangan yang dahsyat itu. Saya menemukan beberapa hal. Tapi sekali lagi saya tidak tertarik merinci kembali kelemahan-kelemahan itu.

Justru saya ingin mencoba memberikan beberapa pesan memasuki tahun baru untuk umat ini. Semoga pesan-pesan ini menjadi bagian dari strategi yang baik dalam merespon titik-titik kelemahan umat di tahun 2020 ini.
halaman ke-1
cover top ayah
اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ يُخٰدِعُوۡنَ اللّٰهَ وَهُوَ خَادِعُوْهُمۡ‌ ۚ وَاِذَا قَامُوۡۤا اِلَى الصَّلٰوةِ قَامُوۡا كُسَالٰى ۙ يُرَآءُوۡنَ النَّاسَ وَلَا يَذۡكُرُوۡنَ اللّٰهَ اِلَّا قَلِيۡلًا
Sesungguhnya orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah-lah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud ria (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali.

(QS. An-Nisa:142)
cover bottom ayah
preload video