Kisah Nabi Yusuf, Cerita Terindah dalam Al-Qur'an (3)

loading...
Kisah Nabi Yusuf, Cerita Terindah dalam Al-Quran (3)
Kisah Nabi Yusuf, Cerita Terindah dalam Al-Qur'an (3)
Dalam kajian sebelumnya, ulama Mesir yang bermukim di Jakarta, Syeikh Ahmad Al-Mishri telah menceritakan kisah Nabi Yusuf 'alaihis salam (AS) masuk penjara bersama dua anak muda. Yang pertama mimpi memeras anggur, yang kedua bermimpi membawa roti di atas kepala dan salah satu di antaranya meninggal dunia. [Baca Juga: Kisah Nabi Yusuf, Cerita Terindah dalam Al-Qur'an (2)]

Dalam kajian Malam Jumat (20/2/2020) di Srengseng Jakarta Barat kemarin, Syeikh Ahmadkembali melanjutkan kisah Nabi Yusuf yang merupakan kisah terindah dalam Al-Qur'an. Beberapa hari kemudian tafsir mimpi yang dijelaskan Nabi Yusuf itu terbukti kebenarannya.

Ketika Nabi Yusuftahu ada yang selamat di antara kedua anak muda itu, maka dia berpesan agar memberitahukan keadaannya kepada sang Raja. Namun, setan membuatnya lupa menyampaikan pesan itu. Walhasil, Nabi Yusuf pun semakin lama di penjara.

Ketika setan membuat tipu daya, Allah Ta'ala menunjukkan kuasa-Nya. Tiba-tiba sang Raja bermimpi. Adapun mimpi raja itu adalah ia melihat 7 ekor sapi yang gemuk dimakan oleh 7 ekor sapi yang kurus.



"Biasanya yang dimakan yang kurus, tapi ini sebaliknya. Raja terkejut dengan mimpinya itu sehingga ia meminta ahli tafsir menerangkannya. Namun semua ahli tafsir di Mesir tidak ada yang mampu menafsirkannya," terang Syeikh Ahmad.

Ketika itu anak muda yang bebas dari penjara itu ingat kepada Nabi Yusufyang ahli dalam tafsir mimpi. Lalu dia berkata kepada raja dan meminta izin bertemu Nabi Yusuf. Kemudian dia menceritakan mimpi raja itu kepada Nabi Yusuf.

Nabi Yusuf menerangkan arti mimpi itu. "Kamu harus bercocok tanam 7 tahun berturut-turut sebagaimana biasa, kemudian apa yang ada ditangkainya diamkan. Kemudian Nabi Yusuf menjelaskan setelah itu akan datang 7 tahun yang akan menghabiskan tanamanmu. Kalau kalian simpan gandum itu di tangkainya tidak akan rusak, akan terus mengalir dan itu akan bisa dipakai melewati 7 tahun berikutnya." demikian Nabi Yusuf menafsirkan mimpi sang Raja.



Beliau memberi tahu bagaimana cara mengatasi kesulitan (paceklik) di Mesir. Akhirnya Nabi Yusufdibebaskan oleh sang Raja. Ketika utusan datang, Beliau tidak mau keluar. Nabi Yusuf ingin bebas dari penjara dengan terhormat.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
وَتَرَى الۡجِبَالَ تَحۡسَبُهَا جَامِدَةً وَّهِىَ تَمُرُّ مَرَّ السَّحَابِ‌ؕ صُنۡعَ اللّٰهِ الَّذِىۡۤ اَتۡقَنَ كُلَّ شَىۡءٍ‌ؕ اِنَّهٗ خَبِيۡرٌۢ بِمَا تَفۡعَلُوۡنَ‏
Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap di tempatnya, padahal ia berjalan (seperti) awan berjalan. (Itulah) ciptaan Allah yang mencipta dengan sempurna segala sesuatu. Sungguh, Dia Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. An-Naml:88)
cover bottom ayah
preload video