Tebarkan Salam Niscaya Kalian Akan Selamat dan Bahagia

Rabu, 26 Februari 2020 - 21:41 WIB
Tebarkan Salam Niscaya Kalian Akan Selamat dan Bahagia
Tebarkan Salam Niscaya Kalian Akan Selamat dan Bahagia
A A A
Salam berasal dari kata Salima Yaslamu-Salamatan yang berarti selamat dan bahagia. Dalam kaidah syariat, salam sering diucapkan dengan kalimat 'Assalamu'alaikum' (السلام عليكم) yang artinya semoga keselamatan tercurah padamu. Redaksi lengkapnya yaitu "Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh".

Dari kata Salima muncul kata Aslama yang bermakna menyelamatkan, mendamaikan. Dari kata Aslama inilah muncul nama Islam sebagai agama yang diridhai Allah Ta'ala. Salam menjadi tujuan utama Islam yang berarti selamatnya seorang muslim di dunia dan akhirat.

Allah Ta'ala berfirman: "Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah: Salaamun 'alaikum. Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Al-An'am: 54)

Betapa mulianya orang yang mengucap salam. Selain telah mendoakan keselamatan untuk orang lain, dia juga telah berzikir menyebut salah satu asma Allah. Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu (RA), Rasulullah SAW bersabda:

لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا، وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا، أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوْهُ تَحَابَبْتُمْ؟ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

"Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan tidak akan sempurna iman kalian hingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kalian pada sesuatu yang jika kalian lakukan kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian." (HR. Muslim)

Dalam hadis lain, Nabi SAW bersabda: "Sebarkanlah salam, niscaya kalian akan selamat." (HR. Ahmad)

Anas bin Malik menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah bertemu dengan anak-anak kecil lalu beliau mengucapkan salam kepada mereka.

Manfaat Mengucapkan Salam:
1. Mendapat keutamaan berzikir karena menyebut nama Allah.
2. Terjalinnya persaudaraan dan kasih sayang antarsesama muslim.
3. Mendapat doa keselamatan dari orang lain.
4. Menghapus penyakit hati seperti iri, hasad, dengki, sombong, keras hati.
5. Mendapat pahala dakwah menebarkan salam.
6. Dilingkupi rahmat dan keberkahan dari Allah Ta'ala.
7. Mencairkan suasana dan mempererat silaturrahim. (Baca Juga: Sejarah Ucapan Salam Assalamu'alaikum dan Keutamaannya)
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3045 seconds (0.1#10.140)