alexametrics

Syeikh Ahmad Al-Mishri: Virus Corona Adalah Tentara Allah

loading...
Virus Corona kini menjadi perbincangan hangat menyusul viralnya kabar dua warga Indonesia positif terjangkit virus Covid-19 itu. Ulama asal Mesir yang kini bermukim di Jakarta, Syeikh Ahmad Al-Mishri memberi tanggapan terkait keberadaan virus mematikan ini. Beliau menjelaskan soal virus ini berdasarkan perspektif Islam.

Dalam tausiyahnya, Syeikh Ahmad mengatakan bahwa virus adalah tentara-tentaraNya Allah Ta'ala. Hal ini dikemukakannya dalam video ceramah singkat 'SalingSapa' yang diunggahnya melalui akun IG @ahmad_almisry, kemarin.

"Sekarang beredar tentara-Nya Allah Subhanahu wa Ta'ala yang ada di tengah-tengah kita. Yang menakutkan kita semua. Ini adalah tentara-Nya Allah. Tidak ada yang mengetahui tentara-Nya Allah kecuali Allah sendiri," kata Syeikh Ahmad membuka tausiyahnya.



Beliau mengutip salah satu ayat di dalam Al-Qur'an: "...Wamaa Ya'lamu Junuuda Rabbika ilaa Huwa (Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu kecuali Dia sendiri)." (QS Muddatstsir ayat 31)

Di antara tentara Allah itu, kata Syeikh Ahmad, adalah virus yang begitu menakutkan kita sebagai manusia di muka bumi. Allah Ta'ala mengirimkannya kepada hamba-hamba yang dikehendaki-Nya. Apakah dia beriman, maupun dia kafir (tidak beriman).

"Kalau kita perhatikan virus ini adalah virus Corona yang muncul di tengah-tengah kita. Bisa jadi karena pelanggaran, bisa jadi karena ujian," jelasnya.

Islam sendiri datang untuk menjaga kesehatan. Islam merupakan syariat yang mencakup segala urusan, bahkan segala aspek kehidupan yaitu kehidupan dunia maupun akhirat.

Tausiyah Syeikh Ahmad ini pun menuai tanggapan beragam dari para netizen. Seperti akun IG @waisrin17 memberi tanggapan: "Setuju syeikh. Umat Islam wajib hidup bersih dan jaga wudhu."

Kemudian @wennyweny menulis: "Banyak org2 yg mentertawakan ketika UAS menyebutkan hal yg sama.. bnyk yg mengejeknya... Barakallah ustad ahmad_almisry semoga selalu ada dalam lindungan Allah SWT..AAMIIN"

Netizen lainnya: "MasyaAllah, Subhanallah, Maha Besar Allah yang Menguasai langit dan bumi, dan segala isinya," tulis akun bernama @sitirahma_jafar.

Sebelumnya, Dai lulusan Universitas Dual Arabiyyah Mesir, Ustaz Miftah el-Banjari juga menyampaikan paparannya tentang virus Corona. Menurut Ustaz Miftah, wabah penyakit ini disebut dengan Al-Waba atau Al-Bala'. Adapun di antara penyebabnya karena pelanggaran manusia terhadap perintah Allah Ta'ala. Sebagaimana diketahui, Islam mengatur syariat mulai dari makanan hingga hubungan pernikahan.

Ustaz Miftah menyampaikan 5 cara mencegah wabah virus Corona, yaitu:
1. Jauhi makanan yang telah jelas keharamannya.
2. Tidak dibolehkan memasuki wilayah terindikasi wabah penyakit atau keluar dari wilayah tersebut.
3. Menghindari kontak langsung dengan orang yang terindikasi terkena virus.
4. Membiasakan pola hidup bersih dan senantiasa menjaga wudhu.
5. Berdoa kepada Allah agar dilindungi dari segala virus. (Baca Juga: Ustaz Miftah el-Banjari Beberkan 5 Tips Cegah Virus Corona)
(rhs)
KOMENTAR
loading gif
cover top ayah
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا تَنَاجَيۡتُمۡ فَلَا تَـتَـنَاجَوۡا بِالۡاِثۡمِ وَالۡعُدۡوَانِ وَمَعۡصِيَتِ الرَّسُوۡلِ وَتَنَاجَوۡا بِالۡبِرِّ وَالتَّقۡوٰى‌ؕ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِىۡۤ اِلَيۡهِ تُحۡشَرُوۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu mengadakan pembicaraan rahasia, janganlah kamu membicarakan perbuatan dosa, permusuhan dan durhaka kepada Rasul. Tetapi bicarakanlah tentang perbuatan kebajikan dan takwa. Dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nya kamu akan dikumpulkan kembali.

(QS. Al-Mujadilah:9)
cover bottom ayah
preload video