alexametrics

Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

loading...
Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab
Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab
Rajab (رجب) adalah bulan ketujuh dalam hitungan kalender Hijriyah. Rajab termasuk bulan yang diharamkan untuk melakukan peperangan. Dinamakan Rajab, karena salah satu makna Rajab adalah sesuatu yang mulia.

Dalam Syariat Islam, bulan Haram terdiri dari 4 bulan yaitu Muharram, Rajab, Dzulqa'dah, dan Dzulhijjah. Allah Ta'ala mengagungkan bulan Rajab sehingga dikenal dengan istilah "Al-Hurum" sebagaimana diabadikan dalam Al-Qur'an Surah At-Taubah ayat 36.

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memuliakan bulan Rajab. Salah satu bentuk pengistimewaannya adalah menjauhkan diri dari maksiat dan menghidupkan puasa serta istighfar. Untuk diketahui, bulan Rajab tahun ini berakhir pada hari Rabu, 25 Maret 2020. Bagi yang ingin berpuasa masih tersisa waktu 20 hari ke depan.



Adapun hadis keutamaan berpuasa di bulan Rajab diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam musnad-nya, serta imam Abu Daud dan Imam Ibnu Majah dalam Kitab Sunan. Mereka meriwayatkan hadis Nabi dari salah seorang dari suku Al-Bahila.

"Aku mendatangi Nabi SAW lalu aku berkata kepada beliau: "Wahai Nabi, aku adalah orang yang pernah datang kepadamu di tahun pertama. Nabi SAW kemudian bertanya: "Kenapa badan kamu menjadi kurus?", Ia menjawab: Aku selama ini tidak makan dalam sehari kecuali malam saja". Nabi bertanya: "Siapa yang menyuruhmu menyiksa tubuhmu seperti ini?", Aku (Al-Bahiliy) menjawab: "Wahai Nabi, aku ini orang yang kuat bahkan lebih kuat". Nabi mengatakan: "Puasalah bulan sabar (bulan Ramadhan saja), dan sehari setelahnya!". Lalu aku menjawab: "Aku lebih kuat dari itu ya Nabi!". Rasulullah menjawab: "Kalau begitu, puasa Ramadhan dan 2 hari setelahnya!". Aku menjawab lagi: "Aku lebih kuat dari itu wahai Nabi!". Nabi berkata: "Kalau begitu, puasa Ramadhan, kemudian 3 hari setelahnya, dan berpuasalah pada bulan-bulan Haram!".

Itulah perintah Rasulullah SAW untuk memuliakan bulan Rajab dengan berpuasa. Menurut tafsir Al-Qurthubi, perbuatan dosa di bulan Haram hukumannya dilipatgandakan, sebaliknya mereka yang beramal saleh maka mendapat pahala berlipat ganda.

Bacaan Niat Puasa Rajab:
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Ghadin 'an Adai Sunnati Rojaba Lillahi Ta'ala.

Artinya:
Aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari karena Allah Ta'ala.
(rhs)
cover top ayah
فَاذۡكُرُوۡنِىۡٓ اَذۡكُرۡكُمۡ وَاشۡکُرُوۡا لِىۡ وَلَا تَكۡفُرُوۡنِ
Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

(QS. Al-Baqarah:152)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak