Inilah Sikap Paling Bijak Menghadapi Wabah Corona

Kamis, 19 Maret 2020 - 08:07 WIB
Inilah Sikap Paling Bijak Menghadapi Wabah Corona
Inilah Sikap Paling Bijak Menghadapi Wabah Corona
A A A
Penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia kian mengkhawatirkan menyusul banyaknya korban positif mencapai 227 kasus dan 19 orang meninggal dunia (data Rabu 18 Maret 2020).

Menyikapi wabah ini, ada baiknya seorang muslim bersikap bijak sebagaimana tertuang dalam hadis Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). Apa saja sikap bijak yang dimaksud?

Al-Habib Quraisy Baharun (pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan) dalam catatannya menukil sebuah hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad dan Tirmidzi. Imam Tirmidzi berkata hadis ini hasan. Dalam hadis ini, para Sahabat bertanya kepada Nabi SAW:

ما النجاة؟
Maa Annajah? Ya Rasulullah, apa itu keselamatan?

قال:
Nabi Muhammad SAW bersabda:

1. أمسك عليك لسانك
Tahanlah olehmu lisanmu.

2. وليسعك بيتك
Menetaplah di rumahmu (betah di rumahmu).

3. وابك على خطيئتك
Tangisilah kesalahan-kesalahanmu.

Penjelasan:
Menjaga lisan artinya tidak menyebarkan hoaks atau kabar bohong seputar wabah Corona. Sehingga orang tidak takut berlebihan terhadap Corona dan juga tidak meremehkan/menyepelekan bahaya wabah Corona.

Kemudian menetap di rumah dalam rangka mengurangi penularan virus wabah Corona atau lebih dikenal dengan social distancing (memutus penyebaran virus Corona).

Menangisi kesalahan-kesalahan yaitu dengan memperbanyak istighfar dan bertaubat kepada Allah Ta'ala. Tidaklah musibah menimpa manusia melainkan karena akibat dari perbuatan-perbuatan dosa kita sendiri.

"Ya Allah. Ampunilah kami. Semoga Allah Ta'ala mengangkat segera musibah ini," kata Habib Quraish sembari memanjatkan doa.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5362 seconds (0.1#10.140)