Ciri dan Tanda Seseorang Mendapatkan Lailatul Qadar

Selasa, 12 Mei 2020 - 15:15 WIB
loading...
Ciri dan Tanda Seseorang Mendapatkan Lailatul Qadar
Nabi Muhammad SAW berpesan, barangsiapa yang ingin mendapatkan Lailatul Qadar, maka carilah pada sepuluh malam terakhir. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Rasulullah shallallahu 'laihi wa sallam pernah bersabda, "barangsiapa yang ingin mendapatkan Lailatul Qadar , maka carilah pada sepuluh malam terakhir". (HR. Al-Bukhari). Sebagaimana diketahui Al-Qur'an menyatakan bahwa Lailatul Qadar lebih baik dari 1.000 bulan (83 tahun).

Banyak orang bertanya tentang tanda-tanda malam Lailatul Qodar dan apa ciri orang yang mendapatkannya? Adapun tanda-tanda Lailatul Qadar dijelaskan dalam hadis Nabi berikut. (Baca Juga: Ingin Dapat Pahala Lailatul Qadar? Amalkan Zikir Ini)

حَدَّثَنَا وَاصِلُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى الْكُوفِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ عَنْ عَاصِمٍ عَنْ زِرٍّ قَالَ قُلْتُ لِأُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ أَنَّى عَلِمْتَ أَبَا الْمُنْذِرِ أَنَّهَا لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ قَالَ بَلَى أَخْبَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهَا لَيْلَةٌ صَبِيحَتُهَا تَطْلُعُ الشَّمْسُ لَيْسَ لَهَا شُعَاعٌ فَعَدَدْنَا وَحَفِظْنَا وَاللَّهِ لَقَدْ عَلِمَ ابْنُ مَسْعُودٍ أَنَّهَا فِي رَمَضَانَ وَأَنَّهَا لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ وَلَكِنْ كَرِهَ أَنْ يُخْبِرَكُمْ فَتَتَّكِلُوا قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Telah menceritakan kepada kami Washil bin Abdul A'la Al Kufi telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin 'Ayyasy dari 'Ashim dari Zirr berkata; Aku bertanya kepada Ubay bin Ka'ab; "Wahai Abu Mundzir, dari mana engkau tahu bahwa Lailatul Qodar pada malam dua puluh tujuh?" dia menjawab: "Memang demikian, telah mengabarkan kepada kami Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bahwa itu adalah malam, yang mana pagi harinya matahari terbit tanpa bersinar lalu tanda tersebut kami hapalkan. Demi Allah sebenarnya Ibnu Mas'ud mengetahui tanda tersebut pada bulan Ramadhan . Dan itu pada malam ke 27, namun dia tidak ingin mengabari kalian karena takut kalian hanya akan menunggu tanpa beramal." Abu 'Isa berkata; "Ini merupakan hadits hasan shahih." (Hadis Jami' At-Tirmidzi No. 723)

Sahabat bertanya kepada Ubay bin Ka'b: "Wahai Abu Mundzir, beritahukanlah kepadaku mengenai Lailatul Qadar ! karena sesungguhnya sahabat kami (Ibnu Mas'ud) pernah ditanya tentang Lailatul Qadar , lalu dia menjawab; "Barangsiapa melakukan (qiyamullail) setahun penuh, maka ia akan mendapatkannya." (Baca Juga: Kapan Terjadinya Malam Lailatul Qadar?)

Ubay bin Ka'b berkata: "Semoga Allah merahmati Abu Abdurrahman, sungguh dirinya telah mengetahui bahwa Lailatul Qadar terjadi pada bulan Ramadhan ." Musaddad menambahkan: "Tapi beliau tidak senang jika kalian bergantung pada Lailatul Qadar (beliau lebih suka jika kalian tidak bergantung pada Lailatul Qadar). Demi Allah, sesungguhnya Lailatul Qadar itu terjadi pada bulan Ramadhan yaitu pada tanggal 27 tanpa terkecuali."

Wahai Abu Mundzir, bagaimana kamu dapat mengetahui hal itu?" dia menjawab: "Yaitu dengan tanda-tanda yang pernah di beritahukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam." Aku berkata kepada Zirr; "Apakah tanda-tandanya?" dia menjawab; "Matahari pada pagi harinya seperti baskom, tidak bercahaya hingga ia meninggi." (Hadits Sunan Abu Dawud No. 1170)

Tanda Orang Mendapatkan Lailatul Qadar
Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hawthah Al-Jindaniyah Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan mengatakan sebenarnya tanda malam Lailatul Qodar itu ada pada diri kita sendiri jika kita sedikit menunduk untuk menoleh ke sisi terdalam diri kita.

Dalam tausiyah yang dipostingnya melaui akun @ahmad_novel_jindan, beliau menukil sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Al-Baihaqi. (Baca Juga: Cara Meraih Lailatul Qadar?)

عن سلمان الفارسي، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " من فطر صائما في رمضان من كسب حلالا صلت عليه الملائكة ليالي رمضان كلها، وصافحه جبريل عليه السلام ليلة القدر، ومن صافحه جبريل تكثر دموعه، ويرق قلبه "،

Dari sahabat Salman Al Farisi bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam bersabda: "Barang siapa memberikan buka puasa dari hasil kerjanya yang halal maka para Malaikat akan mendoakanya dengan pengampunan di seluruh malam-malam Ramadhan , dan Malaikat Jibril akan menjabat tangannya di malam Lailatul Qadar . Dan barang siapa yang dijabat tangannya oleh Malaikat Jibril maka hatinya akan menjadi lembut dan air matanya menjadi deras. (HR. Al Baihaqi, Kitab Syu'ab Al Iman, Jilid 5, Hal 428, No 3669)

Demikian tanda-tanda Lailatul Qadar dan ciri orang yang mendapatkan kemuliaan malam itu. Semoga Allah Ta'ala berkenan mencurahkan keberkahan Lailatul Qadar tersebut kepada kita. (Baca Juga: Tanda Seseorang Mendapatkan Lailatul Qadar)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)