Tarekat Naqsabandiyah mulai puasa 7 Juli

Kamis, 04 Juli 2013 - 14:17 WIB
Tarekat Naqsabandiyah mulai puasa 7 Juli
Tarekat Naqsabandiyah mulai puasa 7 Juli
A A A
Sindonews.com - Tarekat Naqsabandiyah, di Sumatera Barat, menetapkan jadwal puasa jatuh, Minggu 7 Juli 2013. Penetapan ini, berdasarkan metode hisab mungjid.

Edizon, Tokoh Naqsabandiyah Surau Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Padang, mengatakan penetapan tanggal tersebut atas rapat bersama, dan berdasarkan penghitungan kalendar yang dinamakan hisab munjid.

“Penanggalan menurut kalender ini menghitungkan hari sebanyak 360 hari. Penghitungan ini, sudah dimulai pada awal puasa tahun 2013. Kalau dihitungan sebanyak 360 hari, maka puasa tepatnya, pada 7 Juni nanti,” katanya, kepada wartawan, Kamis (4/7/2013).

Kata Edizon, metode tersebut sudah dilakukan sejak zaman dahulu, mereka mendapat metode itu dari Mekkah. “Metode perhitungan tersebut dibuat ulama besar di zaman Rasulullah,” ungkapnya.

Lanjut Edizon, dalam kalender itu, jumlah harinya ada 29 dan 30. Sementara tanggal 31 tidak ada. Selain kalender tersebut, metode lain yang diterapkan adalah melihat bulan atau rukyatul hilal tanpa alat bantu. “Melihat bulan ini dilakukan pada bulan Syaban atau sebelum bulan Ramadan,” tuturnya.

Jadi, rencananya shalat tarawih akan dilakukan, pada Sabtu malam, sekira pukul 20.00 WIB. Untuk Kota Padang, jamaah ini terdapat di Kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan, dan Lubuk Begalung, dan Kuranji. Serta, kabupaten lain, seperti di Pasaman, Solok Selatan, dan Pesisir Selatan.

“Jamaah kita ada sekitar 8.000 orang. Di kabupaten lain juga ada, tapi tidak sebanyak kabupaten yang kita katakan tadi,” pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5759 seconds (0.1#10.140)