Peziarah: Nyekar sudah tradisi

Minggu, 07 Juli 2013 - 17:55 WIB
Peziarah: Nyekar sudah tradisi
Peziarah: Nyekar sudah tradisi
A A A
Sindonews.com - Jelang bulan Ramadan, Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Tangerang mulai dipadati ratusan masyarakat yang hendak melakukan ziarah ke makam sanak keluarganya. Salah satunya TPU Kamboja 4, Jalan Soleh Ali, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Masri, tukang gali kubur TPU Kamboja 4 mengatakan, pemakaman memang kerap dipadati peziarah jelang bulan puasa. Dia menambahkan, warga sudah mulai berdatangan sejak Sabtu 6 Juli 2013 kemarin.

"Lebih banyak dibanding hari biasa, ini memang sudah tradisi. Mereka datang sejak pagi sampai sore, jumlahnya bisa sekira 800 orang," katanya di lokasi, Minggu (7/7/2013).

Menurutnya, peziarah akan terus datang hingga H-1 puasa atau Senin 8 Juli besok. Mereka akan kembali datang pada Hari Raya Idul Fitri. "Saat lebaran lebih banyak lagi, bisa sekira 1.000 orang," kata Masri.

Inah (31) salah seorang peziarah mengatakan, kedatanganya ke TPU untuk mendoakan orangtuanya yang sudah meninggal dunia dan melakuukan tebar bunga atau nyekar.

"Yah ini sudah tradisi. Kita mendoakan ahli kubur agar diterima (di sisi Allah) dan lebih khusyuk dalam puasanya," kata dia.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6350 seconds (0.1#10.140)