Hari ini sebagian warga Padang puasa Ramadan

Selasa, 09 Juli 2013 - 03:24 WIB
Hari ini sebagian warga Padang puasa Ramadan
Hari ini sebagian warga Padang puasa Ramadan
A A A
Sindonews.com - Walaupun pemerintah menetapkan 1 Ramadan pada hari Rabu besok. Namun sejumlahwarga di Kota Padang Sumatera Barat sudah melaksanakan puasa hari ini, Selasa 9 Juli 2013.

Hal ini ditandakan dengan adanya tradisi balimau, yang digelar oleh ratusan warga Kota Padangdi kawasan Pemandian Lubuk Minturun Kota Padang. Tradisi ini berarti mensucikan diri disungai dengan menggunakan rempah rempah dari daun jeruk.

Berdasarkan pantauan di lokasi ratusan orang memadati tempat wisata Pemandian Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah KotaPadang, Sumatera Barat. ini untuk melakukan tradisi balimau dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.

Balimau adalah tradisi turun temurun di Ranah Minang yang berarti mensucikan atau membersihkan diri di sungai. Balimau biasanya menggunakan rempah-rempah dari daun jeruk dan wewangi-wewangian lainnya.

Tidak jarang di tempat wisata sering dijumpai para pedagang rempah limau ini. Konon, jika tidak mandi dengan limau ini maka puasanya tidak afdhol atau kurangsempurna.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6636 seconds (0.1#10.140)