Ramadan, PMI Kota Bandung terima donor 24 jam

Selasa, 09 Juli 2013 - 13:39 WIB
Ramadan, PMI Kota Bandung terima donor 24 jam
Ramadan, PMI Kota Bandung terima donor 24 jam
A A A
Sindonews.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, tetap membuka layanan donor darah 24 jam, di bulan Ramadan. Khusus untuk bulan Ramadan, PMI akan memberikan tajil gratis bagi para pendonor.

"Kita menyiapkan tajil gratis untuk pendonor. Itu sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada para pendonor," ucap Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Bandung Uke Muktimanah, di Markas PMI Kota Bandung, Selasa (9/7/2013).

Selama Ramadan, jumlah pendonor biasanya berkurang. Jika pada bulan biasa yang mendonorkan darah mencapai 80 orang per hari, saat Ramadan jumlah pendonor menurun. Rata-rata, dalam sehari dibulan Ramadan, pendonor yang datang ke PMI hanya sekira 20-30 orang saja.

Soal jumlah tajil yang disediakan, PMI akan menyiapkan sesuai dengan jumlah pendonor. "Insya Allah jumlahnya cukup," ungkapnya.

Uke mengatakan, pendonor pun tak perlu takut puasanya batal jika mendonorkan darah. Sebab menurut MUI, donor darah tidak membatalkan puasa. Pendonor juga tak perlu takut lemas berlebihan usai mendonor. Yang terpenting sebelumnya mendonor makan empat sehat lima sempurna, plus istirahat dengan cukup.

"Tapi para pendonor saat Ramadan biasanya kebanyakan datang sebelum dan sesudah buka puasa," terangnya.

Dia pun mengajak siapapun untuk datang ke PMI mendonorkan darahnya. "Silahkan datang ke PMI, jam berapapun, kita siap melayani," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5061 seconds (0.1#10.140)