Ramadan momentum perkuat silahturahmi

Rabu, 10 Juli 2013 - 04:02 WIB
Ramadan momentum perkuat silahturahmi
Ramadan momentum perkuat silahturahmi
A A A
Sindonews.com - Ibadah rutin disaat Ramadan datang, salah satunya ialah salat tarawih. Menurut banyak pihak, shalat tarawih dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan menjalin silahturahmi antara umat muslim.

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengatakan, masuknya bulan ramadhan ialah bulan yang penuh dengan hikmah dan rahmat bagi semua umat muslim. Menurutnya, salah satu hikmah dari datangnya bulan Ramadan adalah terbarukanya hubungan antar manusia.

“Terlebih umat muslim yang bertemu setiap malam di masjid atau musala pada bulan Ramadan datang,” tandasnya saat ditemui di Kemenag, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2013).

Dia mengatakan, di saat Ramadan, kegiatan rutin tarawih dan buka puasa bersama di berbagai tempat ditemukan. Hal ini dapat meningkatkan komunikasi sesama umat untuk dapat lebih meningkat serta hubungan manusiawi juga semakin dekat.

Selain itu, lanjut Suryadharma, di bulan ini hubungan sesama manusia semakin dekat. Biasanya, pada bulan lain hubungan antara manusia lebih dominan kepada terhadap sisi rekan kerja.

“Saat kita tarawih, kita meninggalkan sisi kedinasan dan status sosial. Setelah selesai salat, kita lakukan komunikasi kepada tetangga dengan pembahasan yang ringan dan mempererat rasa sosial,” ujarnya.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, komunikasi yang efektif dan komulatif di masjid, terbangun dalam hubungan sosial di bulan Ramadan. Dia mengharapkan kepada masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, agar apa yang dilakukan dan diamalkan tidak ditinggal setelah perginya bulan puasa.

"Karena dengan menanamkan dan bertekat untuk mejadi manusia yang selalu baik hal tersebut dapat mengurangi perlakuan tercela. Selain itu, setelah di bulan puasa, seharusnya hubungan sosial dapat lebih hebat karena ada semangat untuk memberi sesama manusia," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4584 seconds (0.1#10.140)