Puasa mampu kikis krisis moral

Jum'at, 12 Juli 2013 - 15:26 WIB
Puasa mampu kikis krisis moral
Puasa mampu kikis krisis moral
A A A
Sindonews.com - Wakil Wali Kota Depok yang juga Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Depok Idris Abdul Shomad bertindak menjadi khotib dan imam di Masjid Al-Fauzien di dalam perumahan Pesona Khayangan Depok. Ia mengajak semua jamaah untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

"Seperti firman Allah dalam Alquran bahwa ibadah puasa telah ada dan diwajibkan pula kepada umat-umat sebelum umat Nabi Muhammad SAW," ungkapnya di Masjid Al Fauzien, Pesona Khayangan Depok, Jumat (12/7/2013).

Idris menilai hal itu menegaskan bahwa ibadah puasa bersifat universal karena telah dilakukan juga oleh semua agama, karena puasa dapat membentuk jati diri dan karakter umat beragama.

Begitu juga dalam bernegara, lanjutnya, juga diperlukan akhlak yang mulia agar tidak terjadi krisis moral yang telah melanda negara ini.

"Dalam krisis moral akan terjadi dua gejala, yang pertama adalah gejala tirani, yang menyebabkan seseorang melakukan hal yang semena-mena, dan apatis terhadap perubahan," tegasnya.

Ia menambahkan gejala kedua adalah keterasingan, yaitu ditandai dengan individu-individu yang merasa asing ditengah lingkungannya dan terkadang memunculkan sikap apatis ditengah masyarakat.

“Semoga Allah memberikan taufik dan hidayah kepada kita semua, agar di bulan ramadhan ini kita menjadi orang yang takwa, soleh, berdaya, dan dapat melakuakan perubahan,” tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5146 seconds (0.1#10.140)