Depok perketat peredaran upal

Selasa, 16 Juli 2013 - 18:26 WIB
Depok perketat peredaran upal
Depok perketat peredaran upal
A A A
Sindonews.com - Menghadapi Idul Fitri 1434 Hijriah, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Depok memperketat peredaran uang palsu (Upal).

"Kalau antisipasi terhadap uang palsu sudah sejak lama kita lakukan, namun di moment menjelang lebaran ini kita perketat lagi pengawasannya," kata Kasie Penerimaan dan pendapatan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat Wilayah I, Depok E Iwa Sudrajat kepada wartawan di Depok, Selasa (16/7/2013).

Selain kejelian dan ketelitian, kata Iwa, petugas kasir disiapkan pula alat pendeteksi uang palsu, yakni berupa lampu ultraviolet yang ada disemua loket kasir.

Meski petugas kasir bukan pegawai Dispenda, Iwa tetap meminta, agar petugas lebih berhati-hati lagi. Pasalnya, bila sampai kecolongan ada uang palsu, maka petugas kasir harus bertanggung jawab dengan cara menggantinya secara pribadi. "Itu sudah resiko kasir untuk menggantinya," pungkasnya.

Dia mengatakan, selama tahun 2011, dan 2012 petugas kasir Samsat Depok tidak menemukan adanya upal.

"Pernah sekali-kalinya menemukan uang palsu Rp100.000. Namun itu sudah lama sekali. Mudah-mudahan tahun ini clear tidak ditemukan adanya uang palsu," tutur Iwa.

Sementara itu, Pamin TU Samsat Depok, Iptu Yunita Amdik mengimbau kepada masyarakat agar segera melapor bila menemukan ada uang palsu dalam proses perpanjangan administrasi STNK.

Pelaporan yang cepat akan membantu polisi untuk mengungkap pelaku pengedar uang palsu yang memanfaatkan momen sebelum Idul Fitri ini.

"Kami minta masyarakat agar berperan aktif bila menemukan uang palsu untuk segera melaporkan ke petugas pengaduan," ujar Yunita.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5098 seconds (0.1#10.140)