Buka puasa dengan hangatnya wedang pokak

Selasa, 16 Juli 2013 - 21:25 WIB
Buka puasa dengan hangatnya wedang pokak
Buka puasa dengan hangatnya wedang pokak
A A A
Sindonews.com - Selera setiap orang dalam berbuka puasa berbeda. Ada yang nyaman berbuka dengan menggunakan miniman dingin hingga terasa segar saat berbuka puasa. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba minuman yang hangat saat berbuka. Ya inilah wedang pokak. Menu khas Timur Tengah ini terasa nikmat ketika disajikan hangat dan hanya ada ketika bulan Ramadan.

Salah satu tempat yang masih mempertahankan wedang pokak adalah Depot Ampel di Jalan Wali Kota Mustajab, Surabaya milik HM Fathoni. Di tempat ini, wedang pokak disajikan secara gratis kepada pengunjung depot tersebut.

"Ini adalah bagian dari service kepada pelanggan Depot Ampel. Kami berikan gratis untuk takjil," kata Fathoni ketika berbincang-bincang dengan wartawan di lokasi, Selasa (16/7/2013).

Wedang pokak ini merupakan racikan dari rempah-rempah. Beberapa bahan pembuat wedang pokak ini adalah capulaga yang didatangkan langsung dari Timur Tengah.

"Capulaga ini langsung dari Timur Tengah. Kalau di Indonesai juga ada capulaga, tapi nanti taste-nya berubah," tambahnya.

Selain capulaga, secangkir wedang pokak ini juga terdapat campuran jahe, serai dan keningar. Bahan-bahan tersebut kemudian direbus selama satu Jam. Ketika air rebusan rempah-rempah masih mendidih, dicampur gula merah.

Kata Fathoni, minuman wedang pokak ini sebenarnya sudah ada dahulu kala. Hanya saja, minuman khas itu mulai tergeser dengan zaman, sehingga wedang pokak seperti hilang dan tidak pernah dirasakan lagi.

"Wedang pokak ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Hanya saja sekarang sudah dilupakan. Makanya, bisa dibilang wedang pokak ini langkas," ujar pria (56).

Fathoni juga mengaku, takjil gratis wedang pokak ini menang menjadi ciri khas Depot Ampel. Bahkan, ketika di bulan Ramadan, beberapa pelanggan yang non muslim sering bertanya.

Wedang pokak ini, selain terasa segar dan hangat saat berbuka juga memiliki fungsi untuk kesehatan tubuh. Seharian berpuasa tentunya organ-organ pecernaan manusia beristirahat karena tidak ada pencernaan.

"Wedang pokak ini bagus untuk pencernaan dan metabolisme tubuh. Paling enak ketika diminum saat hangat," tukas Fathoni.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5663 seconds (0.1#10.140)