Ini kegiatan napi Majalengka selama bulan Ramadan

Kamis, 18 Juli 2013 - 21:14 WIB
Ini kegiatan napi Majalengka selama bulan Ramadan
Ini kegiatan napi Majalengka selama bulan Ramadan
A A A
Sindonews.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas B Majalengka, Jawa Barat, selama bulan Ramadan gemar menganyam rotan. Bahkan, Lapas itu juga kerap kali bekerja sama dengan perusahaan swasta, seperti bola sepak dan rotan.

"Namun belakangan ini, kami hanya menjalin kerja sama dengan perusahaan rotan yang ada di Cirebon saja. Dan dalam setiap kegiatan, kami senatiasa melibatkan mereka (napi)," kata Kasi Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Majalengka Rohendi di Majalengka, Kamis (18/7/2013).

Lebih jauh dijelaskan dia, meskipun terdapat salah satu perusahaan yang masih menjalin kerja-sama, namun tidak sepenuhnya dimanfaatkan oleh para napi.

"Dari jumlah penghuni Lapas sebanyak 311 orang, hanya sekitar 50 orang saja yang memanfaatkan itu. Selebihnya memilih menghabiskan waktu di Masjid dan sebagian di antaranya ada juga yang belajar mengaji," papar dia.

Sebelumnya, berbagai kegiatan dilakukan untuk mengisi kegiatan selama bulan puasa, agar tidak terlalu jenuh menunggu bedug magrib. Kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan oleh kaum muslimin yang berstatus sebagai warga 'merdeka' saja, melainkan juga dilakukan oleh para napi yang berada di dalam Lapas Klas B Majalengka.

Di Lapas yang dihuni oleh sebayak 311 orang tersebut, 50 orang di antaranya memilih mengisi waktu selama bulan puasa ini dengan kegiatan yang dinilai lebih menguntungkan. Puasa yang dijalani oleh para napi, tidak menghalangi mereka dalam melaksanakan aktivitas menganyam berbagai jenis perabotan, baik dalam bentuk kursi, lemari dan jenis perabotan lainnya.

Terhitung sejak beberapa bulan lalu, puluhan Napi di lapas tersebut sudah terbiasa menganyam rotan milik salah satu perusahaan rotan dari Kabupaten Cirebon. Dari hasil menganyam tersebut, mereka bisa mendapatkan penghasilan di kisaran Rp30 ribu hingga Rp60 ribu untuk setiap kali perabotan yang dianyamnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4242 seconds (0.1#10.140)