Antisipasi arus mudik, Dishub Sulsel tambah armada

Selasa, 23 Juli 2013 - 22:15 WIB
Antisipasi arus mudik,...
Antisipasi arus mudik, Dishub Sulsel tambah armada
A A A
Sindonews.com - Untuk mengatasi lonjakan penumpang saat musim mudik melalui jalur perairan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan armada tambahan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) di pelabuhan yang tersebar di Sulawesi Selatan.

Pelabuhan Bajoe Kabupaten Bone misalnya. Jumlah Kapal Motor Penumpang (KMP) akan ditambah lima armada dari sebelumnya hanya 9 kapal. Sehingga untuk Lebaran kali ini, jumlah KMP yang dipersiapkan sebanyak 14 kapal.

“Saat ini lonjakan penumpang memang makin besar melalui ASDP. Karena itu, di pelabuhan Bajoe diadakan penambahan armada dengan total seat mencapai 3633 orang dalam sekali layar. Diperkirakan jumlah pemudik melalui pelabuhan bajoe meningkat sekitar 25 persen dibanding tahun lalu,” ungkapnya, Selasa (23/7/2013)tanpa merinci berapa jumlah penumpang tahun lalu.

Sementara itu, untuk penyeberangan di Pelabuhan Siwa Kabupaten Wajo, jumlah KMP yang dioperasikan hanya tiga kapal. Lonjakan penumpang diantisipasi dengan menambah jumlah pelayaran perhari, dari satu pelayaran menjadi dua atau tiga pelayaran tergantung kepadatan penumpang.

Begitupula untuk Pelabuhan Garongkong Barru hanya 1 KMP yang dioperasikan, tetapi jumlah pelayarannya bertambah sampai dua kali dalam sehari.

Untuk Pelabuhan Selayar disiapkan dua kapal tambahan dari satu KMP yang sudah beroperasi, serta adanya penambahan jumlah pelayaran. Kepadatan penumpang di pelabuhan ini diperkirakan mencapai puncak pada H-3 sampai H-1.

“Dalam kondisi padat bisa tiga round trip per satu KMP. Adapun kapasitas penumpang mencapai 350 seat per satu KMP. Diperkirakan pada pelabuhan ini akan terjadi penambahan arus mudik sampai 10 persen,” jelasnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)