Lebaran, Taman Pintar Yogyakarta tidak libur

Minggu, 04 Agustus 2013 - 19:56 WIB
Lebaran, Taman Pintar Yogyakarta tidak libur
Lebaran, Taman Pintar Yogyakarta tidak libur
A A A
Sindonews.com - Meski bertepatan H Lebaran, Kamis 8 Agustus 2013, objek Wisata Taman Pintar Yogyakarta, tetap akan buka untuk melayani pengunjung. Kendati demikian, ada pengunduran waktu pelayanan.

Jika hari bisa jam opersional mulai pukul 09.00-16.30 WIB. Saat Lebaran hari pertama mulai pukul 12.00-16.30 WIB. Sedangkan untuk, Jumat 9 Agustus 2013 jam bukanya kembali normal.

Kepala UPT Taman Pintar Yunianto Dwisutono menjelaskan, pertimbangan tetap buka saat libur Lebaran, satu di antaranya ingin memberikan pelayanan bagi warga perantauan yang sedang mudik di Yogyakarta dan ingin menikmati liburan dengan keluarga di taman pintar.

Sehingga dengan alasan tersebut, pada libur lebaran ini, pengelola taman pintar lebih memprioritaskan pada kualitas pelayanan bukan kuantitas pengunjung.

"Itu sudah menjadi tekad kami memberikan yang terbaik bagi warga Yogyakarta," kata mantan Kabag Humas dan Informasi Pemkot Yogyakarta ini, Minggu (4/8/2013).

Yunianto mengatakan, meski lebih mengutamakan kualitas pelayananan, namun jumlah pengunjung dipredikskan tetap akan meningkat jika dibandingkan hari biasa.

Jika hari biasa jumlah pengunjung 2.500 orang per hari, saat libur Lebaran antara 4.000 hingg 5.000 orang per hari. Puncak pengunjung sendiri diperkirakan terjadi pada Sabtu 10 Agustus 2013.

"Selain tetap akan buka pada hari pertama libur Lebaran, hari Senin yang biasanya libur, taman pintar juga akan buka," katanya.

Menurutnya, guna menyambut kunjungan wisatawan tersebut, selain dengan melakukan pembenahan juga menambah beberapa fasilitas zona edukasi.

Zona yang dibenahi yakni lorong ilusi dan teknologi pengolahan pangan sedangkan di lantai II gedung kotan. Sedangkan zona baru, yaitu zona robotik di lantai III gedung kotak tepatnya di sebelah timur thater 4 dimensi.

"Untuk meningkatkan pelayanan ini, kami juga menambah jumlah pemandu, yaitu dari 35 orang per hari pada hari biasa menjadi 45 orang pada libur lebaran," paparnya.

Yunianto menambahkan untuk pembenahan bukan hanya di dalam area taman pintar, namun juga di luar. Di antaranya akan membersihkan PKL, becak dan andong yang berada di sekitar taman pintar dan untuk membantu wisatawan dari arah parkir senopati ada petugas keamanan yang akan mengantarnya. Sehingga dengan langkah ini, akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung.

"Kami akan bekerjasama dengan dinas ketertiban dan perhubungan pemkot Yogyakarta untuk kepentingan ini," terangnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4749 seconds (0.1#10.140)