Menhub klaim semua moda transportasi mudik aman

Senin, 05 Agustus 2013 - 10:22 WIB
Menhub klaim semua moda transportasi mudik aman
Menhub klaim semua moda transportasi mudik aman
A A A
Sindonews.com - Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan mengaku, hingga H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah, semua moda transportasi yang mengangkut pemudik tidak mengalami masalah.

"Kereta api lancar karena penjual tiket sejak tiga bulan lalu. Masyarakat sudah lebih pandai mengatur keberangkatan untuk mudik," ungkap Mangindaan kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (5/8/2013).

Mangindaan juga menerangkan, peraturan satu tiket satu orang dan satu KTP, yang diberlakukan oleh PT Kereta Api indonesia (KAI) bertujuan untuk menghilangkan calo. Sehingga, semuanya duduk dan tidak ada masalah.

"Untuk kereta api lonjakannya 26 persen. Nemun, keberangkatannya terurai tidak bertumpuk disatu hari. Sehingga saya nyatakan hari ini tidak masalah. Penumpang juga mengaku nyaman dan tidak ada masalah," paparnya.

Sedangkan untuk moda transportasi mudik dengan menggunakan bus, diakui Mangindaan juga aman. Hanya saja ada peningkatan pada H-5, yakni Sabtu 3 Agustus kemarin.

"Bus yang kami lepas ada 2.000 bus mudik gratis. Sampai saat ini posko bus pribadi dan umum berjalan dengan baik. Kendalanya ada di H-5, karena truk gandeng masih bisa jalan," tegasnya.

Mangindaan menerangkan, untuk bus puncaknya terjadi H-5. "Tapi, karena kemarin H-6 sudah tidak boleh jalan lancar lagi. Arus jalan-jalan bisa dipantau kembali normal," sambungnya.

Sedangkan untuk jalur laut, lanjut Mangindaan, juga tidak ada masalah. Kecuali faktor cuaca yang memang tidak bisa diatur.

"Jadi kalau Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bilang cuaca tidak bagus dan ombak tinggi 3 meter. Ya kapal pasti berhenti dulu," tuntasnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5376 seconds (0.1#10.140)