Misteri Alquran terkecil di Depok

loading...
Misteri Alquran terkecil di Depok
Misteri Alquran terkecil di Depok
Sindonews.com - Warga Depok patut bangga karena menyimpan salah satu kekayaan yang tak ternilai berupa Alquran terkecil yang ditulis tangan langsung oleh anak dari Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah.

Hebatnya Alquran tersebut dibuat dari tinta emas cair yang berasal dari Persia. Kini Alquran tersebut tersimpan di Kampung Parakan Kembang, RT04/01, Desa Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Warisan itu kini dijaga dengan baik oleh keturunan Sunan Gunung Jati yaitu KH TB Tamyiz (62) yang juga guru agama di Masjid Darussalam.

Diceritakan dia, Alquran terkecil itu memiliki ciri khas yaitu terbuat dari tinta emas murni pada abad 17.

"Benda itu milik buyut saya. Itu warisan turun-temurun yang harus dijaga dan dirawat. Alquran ini ditulis dengan menggunakan tinta emas asli dari Timur Tengah," ungkapnya saat ditemui, Senin (5/8/2013).

Tamyiz masih ingat pesan sang ayah bernama H TB Miftahudin. Kata sang ayahandanya itu, benda ini sangat keramat dan harus dirawat dan dijaga dengan baik. Sebab, tidak semua orang bisa menjaga benda mini itu dengan baik.



Karena, benda itu digunakan anak dari Pangeran Wijayakusuma menyiarkan agama Islam saat melawan Belanda di Batavia. Karena, pada saat itu anak dari Sunan Gunung Jati itu merupakan seorang ulama yang cukup disegani dan menjadi penasehat panglima perang pada masa kejayaan Pangeran Jayakarta, Wijayakrama.

"Memang semenjak datang ke tanah Jawa ini dirinya membawa misi dan visi menyiarkan agama di Banten dan Jakarta. Jadi tidak sembarangan Alquran ini dibuat, karena digunakan untuk siar agama. Dibuat dengan tangan beliau langsung dengan cara berpuasa dan salat setiap hari," ujarnya.
(ysw)
cover top ayah
قَالَا رَبَّنَا ظَلَمۡنَاۤ اَنۡفُسَنَا وَاِنۡ لَّمۡ تَغۡفِرۡ لَـنَا وَتَرۡحَمۡنَا لَـنَكُوۡنَنَّ مِنَ الۡخٰسِرِيۡنَ
Keduanya berkata, “Ya Tuhan kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

(QS. Al-A’raf:23)
cover bottom ayah
preload video