Takbiran keliling ditiadakan, Pemkot ganti takbir akbar

Senin, 05 Agustus 2013 - 22:27 WIB
Takbiran keliling ditiadakan, Pemkot ganti takbir akbar
Takbiran keliling ditiadakan, Pemkot ganti takbir akbar
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda memutuskan untuk meniadakan takbiran keliling seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebagai gantinya, Pemkot menyiapkan kegiatan takbiran yang berpusat di Masjid Islamic Center dan Masjid Sirathal Mustaqim Samarinda Seberang.

Dipilihnya kedua lokasi ini tentu dengan alasan tersendiri. Masjid Islamic Centre adalah bangunan masjid terbesar se-Asia Tenggara dan menjadi bangunan monumentar bagi warga Samarinda. Sedangkan Masjid Sirathal Mustaqim karena merupakan masjid tertua di Samarinda.

"Kegiatan takbir akbar ini merupakan implementasi rasa syukur kita yang sangat mendalam kehadirat Allah SWT, untuk itu kepada segenap pihak tidak terkecuali para kepala SKPD beserta staf diharapkan kehadirannya pada acara tersebut," kata Wali Kota Samarinda Syahrie Jaang, Senin (5/8/2013).

Untuk menyemarakkan kegiatan takbir akbar, Pemkot menyediakan hadiah untuk warga yang datang. Hadiah utama berupa umroh ke Tanah suci Mekah untuk tiga orang pemenang.

Mengenai alasan ditiadakannya takbir keliling, berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pada beberapa tahun sebelumnya ada sebagian peserta pawai yang bersikap kurang menggambarkan makna sesungguhnya dari hari kemenangan.

Setelah berpuasa sebulan penuh, dengan bersikap seperti berhura-hura pada saat pawai tersebut bukan mencerminkan rasa syukur.

"Sehingga tidak saja akan mengurangi kekhusyukan, takbir keliling seperti ini dikhawatirkan pula akan mengganggu keamanan dan kelancaran arus lalu lintas," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3682 seconds (0.1#10.140)