Sidang Isbat, Menag sayangkan ketidakhadiran Muhammadiyah

Rabu, 07 Agustus 2013 - 16:16 WIB
Sidang Isbat, Menag sayangkan ketidakhadiran Muhammadiyah
Sidang Isbat, Menag sayangkan ketidakhadiran Muhammadiyah
A A A
Sindonews.com - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menyayangkan ketidakhadiran PP Muhammadiyah dalam sarasehan 'Mencari Titik Temu Penentuan Awal Syawal 1434 H'.

"Sayang sekali Muhammadiyah tidak hadir, kita tidak bisa mendengarkan pandangan mereka," kata Suryadharma di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2013).

Padahal dalam dalam susunan acara, Muhammadiyah semestinya menjadi pembicara pada panel pertama mengenai metode penentuan awal Syawal 1434 H, namun akhirnya dimulai oleh ormas Nahdlatul Ulama.

Sebelumnya, 35 ormas Islam diundang untuk menghadiri sidang Isbat di Kemenag dan dimulai dengan acara sarasehan Mencari Titik Temu Penentuan Awal Syawal 1434 H.

"Pemerintah diharapkan menjadi pemersatu, jadi silahkan dilakukan dengan cara masing-masing. Tetapi ketika pemerintah dikatakan sebagai ulil amri maka perbedaan itu bisa menyatu dalam penetapan pemerintah," jelas Suryadharma sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Sindonews, undangan sidang yang dibagikan Kemenag untuk sidang Isbat sebanyak 200 orang yang terdiri dari beberapa unsur, yakni Tim Hisab Rukyat, Ahli Falak, Pakar Astronomi, Ormas Islam, Boscha ITB, Lapan, Planetarium, BMKG, Geospasial, Dubes Negara Islam dan instansi terkait.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7957 seconds (0.1#10.140)