4 titik rukyat melihat Hilal

Rabu, 07 Agustus 2013 - 18:52 WIB
4 titik rukyat melihat Hilal
4 titik rukyat melihat Hilal
A A A
Sindonews.com - Dari 60 titik rukyat yang disebar Kementerian Agama (Kemenag) bersama lapisan masyarakat di seluruh Indonesia, ada 4 lokasi yang melihat keberadaan hilal di atas dua derajat dengan total delapan orang saksi yang melihat dan telah diambil sumpah oleh pengadilan Agama setempat.

Lokasi pertama adalah rukyat di Fak-Fak Provinsi Papua Baraat dengaan jumlah saksi tiga orang yakni H. Jumroni, Warsito dan Abdullah Said. Kedua adalah lokasi rukyat di Makassar dengan saksi Agus Triono dan Zainudin dari tim Boscha Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ketiga lokasi rukyat di Bukit Condro Dipo, Gresik, Jawa Timur. Mereka yang melihat adalah H Inwanuddin dan H Ahmad Azhar. Lokasi terakhir adalah rukyat di Pantai Alam Indah, Tegal, Jawa Tengah dengan saksi Husni Faqih dari Ahli Falak PC NU Tegal.

Sebelumnya, berdasarkan data hilal pada Ijtima' menjelang bulan syawal 1434 H pada Rabu 7 Agustus 2013 sekitar pukul 04:51 WIB ketinggian hilal di seluruh Indonesia saat matahari terbenam sudah di atas ufuk berkisar antara 2 derajat sampai 3,87 derajat, umur hilal 13 jam 3 menit 22 detik dengan sudut elongasi 7.09 derajat.

Untuk mengetahui posisi hilal, pemerintah pun meninjau di 60 titik rukyat pada seluruh wilayah Indonesia.

Dari 60 titik itu, beberapa lokasi yang dijadikan tempat pemantauan hilal adalah Pantai Lhoknga (Aceh Besar), Nol KM Sabang (Kota Sabang), Kantor Gubernur Sumatera Utara.‬

Sementara di Pulau Jawa, pemantauan Hilal dilakukan di Hotel Patra Jasa (Anyer), Pantai Marina (Semarang), Pantai Jati Malang (Kabupaten Purworejo), Gedung Sesion (Jakarta Barat), Masjid AL Husna (Klender, Jakarta Timur), Gedung Bosscha (Bandung).

Dari timur Indonesia, observasi hilal dilaksanakan seperti di Pantai Larike (Kabupaten Maluku Tengah), Kecamatan Demta (Kabupaten Jayapura), Hotel Tanjung Pantai (Papua Barat).
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2270 seconds (0.1#10.140)