Ramadan, Ridwan Kamil Rindu Sosok Ayah

Minggu, 29 Juni 2014 - 12:22 WIB
Ramadan, Ridwan Kamil...
Ramadan, Ridwan Kamil Rindu Sosok Ayah
A A A
BANDUNG - Ramadan 1435 H menjadi puasa pertama bagi Ridwan Kamil (RK) menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Sebagai orang nomor satu di Kota Bandung, Emil sapaan akrab RK, memiliki banyak kenangan jika menginjak bulan penuh berkah bagi umat muslim itu.

"Di bulan Ramadan ini saya merindukan orangtua. Terutama almarhum ayah saya (Atje Misbach)," ucapnya, Minggu (29/6/2014).

Menurut Emil, ayahnya yang meninggal pada tahun 1995 silam adalah sosok yang bukan hanya mengayomi keluarga, melainkan umat muslim yang berada di lingkungan rumahnya. "Memori itu selalu teringat. Ayah saya dulu ketua DKM (Dewan Keluarga Masjid), jadi pasti jadi tukang khotbah kalau puasa," katanya.

Meski demikian, kepergian ayahnya yang berbarengan dengan masa tugas akhir perkuliahannya saat mengenyam pendidikan S1 Teknik Arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB) itu membawa angin positif terhadap Emil. Dengan segala permasalahan yang menimpanya di tahun itu, Emil mampu membuat 24 desain gambar yang mengantarkannya sebagai lulusan terbaik ITB dengan nilai A++.

"Di tahun itu ayah saya meninggal, pacar pertama saya kabur sama om-om. Tapi saya kan hobi menyemangati diri, jadi energi kesedihan itu menjadi motivasi dan akhirnya alhamdulillah saya menjadi lulusan terbaik," tutur pria kelahiran 4 Oktober 1971 itu.

Emil mengatakan, sesuai tradisi, dia akan berziarah ke makam ayahnya pada hari lebaran nanti. "Kita nggak ada tradisi ziarah di awal (sebelum puasa), tapi di akhir, lebaran," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4824 seconds (0.1#10.140)