Masuk Ramadan, Pedagang Buah Serbu Bangkalan

Minggu, 29 Juni 2014 - 13:00 WIB
Masuk Ramadan, Pedagang Buah Serbu Bangkalan
Masuk Ramadan, Pedagang Buah Serbu Bangkalan
A A A
BANGKALAN - Memasuki bulan Ramadan, para pedagang buah mulai memadati sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Mereka menggelar barang dagangannya dengan peralatan seadanya. Bagian bawah hanya diberi jerami, sedangkan atapnya diberi tenda terop supaya tidak kepanasan. Mereka menjual buah jenis semangka, blewah, dan kelapa muda.

Maklum, jika memasuki bulan puasa, buah-buah itu sangat diminati masyarakat. Biasanya, warga membeli blewah buat dicampur dengan es dan gula, untuk dijadikan minuman. Kemudian minuman tersebut diminum sebagai pembuka puasa ketika azan maghrib berkumandang.

Para penjual buah musiman ini berasal dari Kabupaten Sumenep. Pasalnya, di daerah paling ujung timur Pulau Madura ini banyak buah kelapa, semangka, dan blewah.

Salah seorang penjual buah musiman di Pasar Langkap, Siti Rofiqoh, menyatakan, setiap bulan Ramadan dirinya menjadi penjual buah di Kabupaten Bangkalan. Sebab, minat masyarakat terhadap buah-buahan sangat tinggi. "Kalau jualan di Sumenep kurang laris, Mas. Karena di sana sebagian besar warga sudah punya pohon kelapa. Jadi, sulit untuk laku keras," terangnya, Minggu (29/6/2014).

Selain itu, bila dijual di kampung halaman, harga kelapa muda, semangka, dan blewah murah. Berbeda, bila dijual di Bangkalan, harganya lebih tinggi dan banyak yang membeli. "Untuk harga kelapa muda Rp5 ribu per buah. Sedangkan untuk buah blewah tergantung ukurannya, kalau besar bisa sampai Rp10 ribu per buah. Sedangkan blewah yang kecil harganya Rp3 ribu," ucapnya.

Lanjut Rofiqoh, untuk harga semangka Rp5 ribu per kilogram (kg). Diperkirakan, dua atau tiga hari lagi akan kulakan buah ke Sumenep karena banyak masyarakat yang beli. "Daripada nganggur di rumah lebih baik jualan buah, untungnya bisa buat lebaran nanti dan kebutuhan sehari-hari," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3292 seconds (0.1#10.140)