Cerita tentang Alquran Raksasa di Sampang

Rabu, 02 Juli 2014 - 08:49 WIB
Cerita tentang Alquran Raksasa di Sampang
Cerita tentang Alquran Raksasa di Sampang
A A A
SAMPANG - Warga Kelurahan Dalpenang, Kecamatan Kota, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, memiliki Alquran raksasa. Konon, alquran tersebut berusia ratusan tahun lebih.

Pemilik Alquran raksasa ini bernama Subaidi. Alquran raksasa itu adalah warisan dari orangtuanya. Alquran raksasa tidak dibaca setiap hari, melainkan hanya pada waktu tertentu. Sebab, ukurannya sangat besar dan mempunyai berat 30 kg

"Saya membaca dan mengkhatamkan Alquran ini hanya waktu tertentu saja, seperti bulan Ramadan, malam Jumat legi, dan setiap hari raya umat islam," terang Subaidi, Selasa (1/7/2014).

Menurut Subaidi, kalau hari biasa dirinya membaca alquran yang pada umumnya. Alquran raksasa sendiri dianggap sesuatu yang sangat berharga bagi dirinya. "Saya pernah diiming-imingi orang supaya menjual alquran ini dengan harga tinggi, tapi saya tidak mau. Saya ingin menjaga alqur'an ini sampai kapan pun," ucapnya.

Alquran raksasa berbeda dengan alquran pada umumnya. Alquran raksasa itu tanpa harakat atau tanda baca dan ditulis pada daun lontar. Tidak semua umat muslim bisa membaca alquran yang mempunyai panjang 1 meter dan lebar 2 meter itu, hanya orang tertentu dan hafidz (hafal) Alquran.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6778 seconds (0.1#10.140)