Nilai Sedekah di Bulan Ramadan, Amal Berlipat Ganda

Sabtu, 05 Juli 2014 - 17:07 WIB
Nilai Sedekah di Bulan Ramadan, Amal Berlipat Ganda
Nilai Sedekah di Bulan Ramadan, Amal Berlipat Ganda
A A A
JAKARTA - Sedekah di bulan Ramadan memiliki nilai lebih bagi umat muslim. Karena pahala sedekah di bulan puasa memiliki pahala yang berlipat ganda.

Kiai Haji (KH) Tajuddin Hasan mengatakan, sedekah memiliki keutamaan dalam kebaikan. Sedekah merupakan perbuatan baik, terlebih di bulan Ramadan. Karena amalannya dilipatgandakan. Bahkan orang yang pergi umrah pada bulan Ramadan, sama saja seperti pergi haji.

"Itu artinya betapa dahsyat perbuatan baik dan amalan yang kita lakukan di bulan Ramadan. Keutamaan dan kehebatannya tidak perlu diragukan," tandasnya saat dihubungi KORAN SINDO, kemarin.

Menurut dia, manfaat sedekah antara lain seperti dapat melebur dosa-dosa yang sebelumnya dilakukan. Selain itu sedekah dapat menolak bala dari kehidupan di dunia.

Tanjuddin menyampaikan, satu dari tujuh golongan yang diselamatkan Allah adalah seseorang yang bersedekah. Namun, seseorang yang bersedekah hendaknya tidak merasa iri, pamer, dan sifat yang ingin diketahui orang banyak.

"Hendaknya jika kita beramal tangan kanan memberi tangan kiri tidak mengetahui. Agar sedekah kita menjadi amal dan ikhlas hanya karena Allah," katanya.

Karena dengan ikhlas kita dapat pahala yang jauh dilipatgandakan oleh Allah, terlebih di bulan puasa. Maka seseorang yang beramal janganlah takut miskin, karena itu adalah investasi untuk di akhirat.

Dalam satu hadis, dikatakan orang yang tangannya di atas adalah orang yang pemurah maka akan dekat dengan manusia dan surga, serta dijauhkan dari api neraka. Sebaliknya, orang yang kikir maka akan jauh dari Allah, manusia, surga dan di dekatkan siksa api neraka.

"Maka seyogyanya umat muslim tidak hitung menghitung sedekah. Selain itu sedekah juga membantu sesama umat dalam segi materi dan keperluan hajatnya," tegasnya.

Seketaris Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Muhamaddiyah Amin, mengatakan hampir semua masjid pada bulan Ramadan menyiarkan manfaat dan keutamaan dari zakat, wakaf dan sedekah. Dalam beramal, bukan hanya sedekah, tetapi amalan yang diwajibkan pada bulan Ramadan zakat fitri.

Perbedaannya, zakat fitri harus diberikan wajib pada saat bulan Ramadan. Sedangkan sedekah dapat diberikan kapan saja dan kapan pun.

"Tidak diragukan bahwa amal ibadah seperti sedekah memiliki kualitas ibadah dan pahala yang berlimpah. Karena sedekah dan zakat fitrah memiliki nilai paling banyak dan manfaat pada Ramadan," tandasnya.

Menurut Amin, sedekah sangat bermanfaat selain untuk diri sendiri juga bermanfaat untuk yang diberikan. Karenanya sedekah membawa makna solidaritas dalam menetaskan kemiskinan. Karena dengan bersedekah diri ini dapat merasakan penderitaan dan kekurangan antar sesama.

Sedekah adalah kegiatan mengejar pahala yang tinggi dalam bulan Ramadan. Karena memang diyakini banyak orang miskin di bulan Ramadan banyak yang kekurangan.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Dindin hafidhudin mengatakan, Ramadan adalah bulan penguat semangat dalam berbagi. Terutama berbagi kepada mereka yang menderita, kelaparan, dan bernasib kurang baik.

Bersedekah dan berzakat merupakan bentuk kepedulian kepada sesama manusia dan sesama muslim. Dalam bulan Ramadan, Nabi Besar Muhammad SAW melarang orang untuk minta-minta, dan pada hari raya mereka seharusnya sudah berkecukupan karena diberi oleh muslim lain yang berkecukupan.

"Ramadan adalah bulan penguatan untuk memberikan manfaat kepada yang lain. Nilai pahalanya luar biasa dan akan ada balasan yang beraneka ragam," katanya.

Dalam hal ini, infak dan sedekah hampir sama maknanya, tetapi keduanya merupakan merupakan harta untuk sesuatu di luar zakat. Dengan bersedekah dan infak orang sudah mengeluarkan sesuatu yang dibutuhkan bagi mereka yang tidak mampu.

"Bedanya infak itu hanya materi, sedangkan sedekah juga bisa diartikan memberi makan, nasihat atau bahkan senyuman," ujarnya.

Karena sedekah tidak akan menghabiskan harta seorang muslim. Sebaliknya dengan bersedekah akan memperbanyak harta serta ketenangan jiwa dalam mengarungi kehidupan.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3455 seconds (0.1#10.140)