7 Fakta Isra Miraj yang Wajib Diketahui, Salah Satunya Diperjalankan dengan Buraq

Rabu, 15 Februari 2023 - 17:25 WIB
6. Diperjalankan dengan Buraq

Fakta lain dari peristiwa Isra Miraj, Nabi Muhammad diperjalankan dengan Buraq yang indah berpelana dan bertali kekang. Buraq adalah hewan berwarna putih yang lebih tinggi dari keledai dan lebih kecil dari baghal (hasil perkawinan antara kuda dan keledai).

Langkahnya sejauh mata memandang, memiliki dua telinga yang panjang. Apabila mendaki gunung maka terangkat lebih tinggi kaki belakangnya, dan jika dia turun maka terangkat lebih tinggi kaki depannya. Buroq memiliki dua sayap di bagian pinggulnya yang membantu kakinya agar lebih cepat.

Pada saat Rasulullah ingin menaikinya, Buraq sempat berontak. Lalu Jibril meletakan tangan ke buraq, lalu berkata: "Tidakkah kau malu wahai Buraq! Demi Allah tidak ada yang menaikimu seorang makhluk yang lebih mulia darinya." Maka Buroq pun tenang dan merasa malu sehingga keringatnya membasahi tubuhnya, lantas Rasulullah pun menaikinya. Buroq adalah kendaraan para Anbiya sebelum Rasulullah SAW.

7. Menerima Perintah Sholat 5 Waktu

Peristiwa Isra Miraj yang terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-12, riwayat lain tahun ke-10 kenabian. Selain mendapat banyak pengalaman berharga selama perjalanan dari Masjidil Haram Makkah ke Baitul Maqdis (Palestina), Rasulullah SAW mendapat perintah sholat 5 waktu saat naik ke Sidratul Muntaha.

Imam Al-Bukhari meriwayatkan bahwa semula sholat itu diwajibkan 50 waktu, kemudian diringankan menjadi 5 waktu dalam sehari. Inilah salah bentuk kasih sayang Allah kepada umat Nabi Muhammad SAW.

Selain tujuh fakta Isra Miraj di atas, masih banyak fakta dan peristiwa berharga lainnya. Di antaranya, pertemuan Rasulullah SAW dengan Jin Ifrit yang mencoba mengganggu beliau hingga Jibril mengajarkan doa. kemudian, pengalaman Rasulullah SAW mencium bau yang sangat wangi. Beliau juga diperlihatkan rupa asli Dajjal. Ketika Mi'raj beliau bertemu beberapa Rasul pilihan. Dan masih banyak peristiwa lainnya.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Allah 'azza wajalla telah berfirman: Setiap amal anak Adam adalah teruntuk baginya kecuali puasa. Puasa itu adalah bagi-Ku, dan Akulah yang akan memberinya pahala.  Dan puasa itu adalah perisai. Apabila kamu puasa, maka janganlah kamu merusak puasamu dengan rafats, dan jangan pula menghina orang. Apabila kamu dihina orang atau pun diserang, maka katakanlah, 'Sesungguhnya saya sedang berpuasa.'  Demi Allah, yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya. Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat kelak daripada wanginya kesturi. Dan bagi mereka yang berpuasa ada dua kebahagiaan. Ia merasa senang saat berbuka lantaran puasanya, dan senang pula saat berjumpa dengan Rabbnya juga karena puasanya.

(HR. Muslim No. 1944)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More