7 Perkara yang Wajib Dijauhi Umat Islam

Sabtu, 18 Juli 2020 - 18:52 WIB
5. Memakan Riba.

Seperti mengambil bunga dari penyimpanan uang atau tabungan, deposito di bank konvensional, hasil klaim dari asuransi konvensional, hasil investasi dari saham, reksadana yang non syariah, dan sebagainya.

6. Berpaling dari Medan Pertempuran Tanpa Alasan Syar'i.

Bahasa lainnya adalah lari dari medan pertempuran, baik pertempuran dalam makna peperangan fisik, maupun dalam makna yang lain, seperti meninggalkan medan dakwah, atau meninggalkan perjuangan Islam lainnya.

7. Menuduh Wanita Muslimah yang Shalihah Berbuat Zina (Keji).

Karena dengan menuduhnya betarti ia telah mencederai kehormatannya dan menfitnahnya dengan keji. Dalam Islam, menuduh zina harus disertai dengan 4 orang saksi yang benar-benar melihat langsung perbuatan zina tersebut. Jika tidak bisa mendatangkan saksi, maka si penuduh tidak akan pernah diterima persaksiannya seumur hidupnya.

Demikian 7 perkara yang wajib dijauhi. Hendaknya setiap muslim menjaga dan memelihara dirinya dari ketujuh perbuatan dosa besar di atas agar tidak terjerumus ke dalam lembah kehinaan, khususnya di hari kiamat kelak. (Baca Juga: 17 Dosa Besar yang Harus Diketahui Umat Islam)

Wallahu Ta'ala A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah, ia berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalain akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang laki-laki adalah pemimpin atas keluarganya dan ia akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang wanita adalah pemimpin atas rumah suaminya, dan ia pun akan dimintai pertanggungjawabannya. Dan seorang budak juga pemimpin atas atas harta tuannya dan ia juga akan dimintai pertanggungjawabannya.  Sungguh setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawabannya.

(HR. Bukhari No. 4789)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More