Amalkan Doa Ini Jika Sering Melakukan Maksiat

Senin, 20 Juli 2020 - 22:42 WIB
Adapun manfaat meninggalkan maksiat adalah mudah memperoleh rezeki dan doanya diijabah (cepat dikabulkan). Foto/dok SINDOnews
Maksiat (معصية) adalah segala perbuatan buruk yang diharamkan oleh Allah Ta'ala dan Rasul-Nya. Maksiat bermakna menentang, mendurhakai, membangkang dan melanggar perintah Allah Ta'ala.

Dosa dan kemaksiata n menjadi sumber dan penyebab seseorang jauh dari Allah Ta'ala. Itu sebabnya, setiap mukmin wajib menjauhi dan meninggalkan perbuatan maksiat . Adapun dampak dari perbuatan maksiat dapat menghalangi seseorang dari mendapatkan ilmu (cahaya). Selain itu terhalang untuk beribadah dan hatinya menjadi gelap, sempit serta akibat buruk lainnya. ( )

Sebaliknya, mereka yang meninggalkan maksiat akan merasakan manisnya iman dan dimudahkan beribadah kepada Allah. Manfaat lain meninggalkan maksiat adalah mudah memperoleh rezeki dan doanya diijabah (cepat dikabulkan). ( )

Doa Agar Dijauhkan dari Maksiat

Ketika kita sudah letih melakukan maksiat . Kita bertaubat, kemudian mengulangi maksiat tersebut, kemudian bertaubat lagi, kemudian mengulanginya. Berikut doa yang diajarkan Ulama besar kelahiran Mesir, Syeikh Mutawalli Sya'rawi rahimahullah (1911-1998) agar dijauhkan dari kebiasaan bermaksiat .



اللَّهُمَّ حَرِّمْنِي لَذَّةَ مَعْصِیَتِكَ، وَارْزُقْنِي لَذَّةَ طَاعَتِكَ


Allahumma Harrimni Lazzata Ma'siyatika, Warzuqni Lazzata Thoo'atika

"Ya Allah, haramkanlah ke atasku merasa lezat akan melakukan maksiat kepada-Mu, dan karuniakan aku rasa lezat akan melakukan ketaatan kepada-Mu".

Demikian amalan doa yang diajarkan Syeikh Mutawalli Sya'rawi . Mudah-mudahan kita diberi taufik dan tergolong orang-orang saleh. ( )

Wallahu Ta'ala A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
وَلَا تَقۡفُ مَا لَـيۡسَ لَـكَ بِهٖ عِلۡمٌ‌ ؕ اِنَّ السَّمۡعَ وَالۡبَصَرَ وَالۡفُؤَادَ كُلُّ اُولٰۤٮِٕكَ كَانَ عَنۡهُ مَسۡـُٔوۡلًا (٣٦) وَلَا تَمۡشِ فِى الۡاَرۡضِ مَرَحًا‌ ۚ اِنَّكَ لَنۡ تَخۡرِقَ الۡاَرۡضَ وَلَنۡ تَبۡلُغَ الۡجِبَالَ طُوۡلًا (٣٧) كُلُّ ذٰ لِكَ كَانَ سَيِّئُهٗ عِنۡدَ رَبِّكَ مَكۡرُوۡهًا (٣٨)
Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya. Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung. Semua itu kejahatan yang sangat dibenci di sisi Tuhanmu.

(QS. Al-Isra Ayat 36-38)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More