Ibnu Sina, Filsuf Besar yang Hafal Al-Qur'an pada Usia 10 tahun

Sabtu, 13 Mei 2023 - 09:33 WIB
Salah satu tujuan hidup Ibnu Sina adalah untuk secara akurat memahami indera manusia dan untuk menunjukkan bahwa ada lebih banyak hal daripada yang dipahami oleh orang-orang sezamannya. Dia mengusulkan agar kita semua memiliki indera batin yang melengkapi indra luar kita yang diakui secara luas, seperti penglihatan, penciuman, pendengaran, rasa dan sentuhan.

Seorang yang sangat percaya pada intuisi, Ibnu Sina percaya bahwa akal sehat adalah akal sehat dan mengaitkan beberapa fungsi jiwa dengan hal ini. Oleh karena itu, tindakan membentuk dan membuat penilaian dapat dipahami sebagai tindakan jiwa dalam pandangan dunianya.

Imajinasi retentif adalah indra internal lain yang memungkinkan manusia untuk mengingat informasi yang mereka kumpulkan melalui akal sehat. Indera internal ini menyimpan bentuk benda-benda di dalam pikiran kita, memungkinkan orang merujuk informasi itu dan mengenali benda-benda di sekitar mereka.

Imajinasi hewan komposit adalah perasaan, yang menurut Ibnu Sina memungkinkan hewan mempelajari apa yang harus mereka hindari atau cari di lingkungan alaminya. Demikian pula, imajinasi manusia kompositif memungkinkan manusia untuk mempelajari apa yang harus kita cari dan hindari di sekitar kita.

Kemampuan untuk membuat penilaian tentang lingkungan disebut kekuatan estimasi oleh Ibnu Sina, yang mengatakan bahwa hal itu memungkinkan kita untuk menentukan apa yang berbahaya atau bermanfaat bagi kita - misalnya, takut akan sesuatu.



Akhirnya, Ibnu Sina menyatakan bahwa ingatan kita bertanggung jawab untuk menyimpan semua informasi yang dikembangkan oleh indera kita yang lain, dan pemrosesan itu adalah kemampuan untuk menggunakan semua informasi hingga kemampuan indra internal kita yang tertinggi.

Ibnu Sina meninggal pada Juni 1037, pada usia 58 tahun setelah lama menderita sakit perut. Ia dimakamkan di Hamdan, Iran di mana makamnya telah diubah menjadi mausoleum.

Museum ini memiliki banyak koleksi artefak, termasuk koin dan tembikar yang berasal dari milenium pertama SM, serta perpustakaan yang berisi ribuan buku. Salah satu fitur mausoleum yang paling ikonik adalah menara berbentuk gelendong yang terinspirasi oleh menara berbentuk gelendong dari Menara Kavus era Ziyarid.

Saat ini, karya Ibnu Sina masih dikenang secara luas. Di Ankara, Turki, Rumah Sakit Universitas Ibnu Sina dinamai menurut namanya. Di luar sains, pengaruh Ibnu Sina meluas ke bidang musik, sastra, dan alam.
(mhy)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَذَرِ الَّذِيۡنَ اتَّخَذُوۡا دِيۡنَهُمۡ لَعِبًا وَّلَهۡوًا وَّغَرَّتۡهُمُ الۡحَيٰوةُ الدُّنۡيَا‌ ۚ وَ ذَكِّرۡ بِهٖۤ اَنۡ تُبۡسَلَ نَفۡسٌ ۢ بِمَا كَسَبَتۡ‌ۖ لَـيۡسَ لَهَا مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ وَلِىٌّ وَّلَا شَفِيۡعٌ‌ ۚ وَاِنۡ تَعۡدِلۡ كُلَّ عَدۡلٍ لَّا يُؤۡخَذۡ مِنۡهَا‌ ؕ اُولٰٓٮِٕكَ الَّذِيۡنَ اُبۡسِلُوۡا بِمَا كَسَبُوۡا‌ ۚ لَهُمۡ شَرَابٌ مِّنۡ حَمِيۡمٍ وَّعَذَابٌ اَ لِيۡمٌۢ بِمَا كَانُوۡا يَكۡفُرُوۡنَ
Tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda-gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Qur'an agar setiap orang tidak terjerumus (ke dalam neraka), karena perbuatannya sendiri. Tidak ada baginya pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah. Dan jika dia hendak menebus dengan segala macam tebusan apa pun, niscaya tidak akan diterima. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan (ke dalam neraka), karena perbuatan mereka sendiri. Mereka mendapat minuman dari air yang mendidih dan azab yang pedih karena kekafiran mereka dahulu.

(QS. Al-An'am Ayat 70)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More